Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Layanan VoLTE XL Daripada Panggilan Telepon Biasa

Kelebihan Layanan VoLTE XL Daripada Panggilan Telepon Biasa

Arunapasman.com - Operator seluler XL Axiata kali ini memperkenalkan teknologi layanan VoLTE (Voice over LTE) yang memberikan pengalaman panggilan telepon lebih jernih dan lebih cepat daripada panggilan telepon biasa.

Teknologi VoLTE atau Voice over LTE adalah sebuah layanan panggilan telepon yang memanfaatkan jaringan LTE atau Long Term Evolution dimana jaringan tersebut biasanya dipakai untuk mengakses internet.

Melakukan panggilan telepon dengan memanfaatkan layanan VoLTE bisa memberikan kualitas layanan panggilan telepon akan jadi lebih jernih daripada menggunakan layanan telepon biasa.

Kelebihan yang paling di tunggu dari Teknologi VoLTE atau Voice over LTE yaitu sebuah pengalaman kecepatan sambung ketika menelpon yang jauh lebih cepat daripada ketika menelpon menggunakan telepon biasa.

Dengan layanan baru ini pihak XL sangat optimis jika layanan VoLTE terbaru ini akan bisa menjadi fitur layanan telepon pilihan pelanggan.

Baca juga : Sekarang Ponsel Pelanggan XL Home Bisa Untuk Main Game TV

Sampai sekarang operator seluler XL selalu berupaya untuk meningkatkan layanan data yang berkualitas bagi pelanggan dengan memperkenalkan layanan VoLTE yang aman dari terputusnya sambungan serta suara dan video sambung yang lebih jernih karena sudah menggunakan fitur HD voice sehingga noise akan teminimalisir.

Fitur lain yang paling keren yaitu ketika pelanggan menggunakan layanan VoLTE melakukan aktivitas streaming atau menonton youtube dan ada panggilan telepon masuk, kedua aktifitas tersebut tetap bisa berjalan bersamaan.

Keunggulan layanan ini sangat berguna untuk pelanggan agar bisa melakukan multitasking mungkin ketika sedang melakukan daring atau webminar, kamu bisa tetap menerima dan melakukan panggilan telepon tanpa keluar dari webminar tersebut.

XL berkerja sama dengan Ericsson dan Huawei untuk mengimplementasikan layanan VoLTE sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core dan berdasarkan informasi dari operator XL dibutuhkan waktu sampai satu tahun untuk mengembangkan VoLTE sebelum akhirnya dirilis.

Namun pada saat ini layanan VoLTE XL baru dirilis untuk wilayah Medan dan Jakarta dan pihak XL menjanjikan akan memperluas jaringan VoLTE nya ke 13 kota besar, dan pada akhir tahun 2020 nanti akan diperluas ke semua kota-kota besar Indonesia.

Operator seluler XL juga sudah memastikan jaringan yang dimiliki memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menyelenggarakan layanan VoLTE mulai dari radio, transport, dan juga core.

Semua fitur optimasi jaringan VoLTE ini juga telah dilakukan XL Axiata untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan dengan lancar seperti layanan VoLTE to VoLTE kemudian VoLTE to non-VoLTE yaitu layanan suara 2G dan 3G serta sebaliknya dan termasuk layanan Video over LTE (ViLTE).

Saat ini yaitu tahap awal layanan VoLTE diluncurkan sudah didukung oleh lebih dari 3.000 Base Transceiver Station (BTS) 4G XL Axiata yang tersebar mulai dari Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Medan.

Sedangkan pada saat ini anak perusahaan dari Axiata ini masih menyiapkan jaringan jaringan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE pada tahap selanjutnya sehingga nantinya pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima.

Pihak XL Axiata juga masih harus melakukan berbagai macam optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga pondasinya benar benar siap untuk layanan VoLTE dan ke depannya seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE ini.