Cara Melihat Spesifikasi Laptop Window 10 yang Lengkap, Lewat CMD, PowerShell, Speccy

Arunapasman.com - Salah satu Cara Melihat Spesifikasi Laptop di Window 10 yang paling disarankan yaitu dengan menggunakan aplikasi atau Software bernama Speccy karena informasi spek dari laptop yang ditampilkan cukup lengkap mulai dari prosesor dan serinya hingga device input outputnya semua tertera di aplikasi ini.

Melihat Spesifikasi Laptop di Window 10 secara normalnya tidak harus menggunakan aplikasi software, dari sistem win 10 sendiri sudah ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menampilkan data speknya, tapi tentu tidak semua paham. Karena menginstall software sudah pasti diketahui oleh sebagian besar pengguna laptop, maka arunapasman menyarankan untuk pakai aplikasi saja.

Fungsi cek spesifikasi laptop biasanya penting untuk ketika akan membeli atau menjual laptop ini karena menjadi informasi yang sangat penting dimana spesifikasi adalah deskripsi tentang komponen yang terpasang pada laptop tersebut.

Spesifikasi laptop yang sering dicek dan ingin diketahui ada prosesor, RAM, ROM, hingga fungsi keyboard yang digunakan agar bisa di ambil kesimpulan apakah sistem hardware maupun software yang ada bisa digunakan ataupun bisa berfungsi dengan baik pada sistem operasi laptop windows 10.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Window 10 yang Lengkap

Jika kamu ingin coba Cara melihat spesifikasi laptop secara manual tentu bisa saja, langkahnya pun tidak sulit, kalau mau dengan aplikasi software ada 2 yang disarankan yaitu cpu-z dan speecy yang sudah sering arunapasman coba seperti berikut ini :
 

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop di Window 10

Kalau secara manual untuk sek spek laptop sangat disarankan untuk menggunakan CMD atau System Information, karena disana informasi spek yang ditampilkan lumayan lengkap

1. About Your PC

Cara untuk melihat spesifikasi laptop di Windows 10 yang paling mudah adalah dengan menggunakan fitur 'About your PC' yang sudah ada dan bawaan dari win 10, jadi tidak perlu menginstall aplikasi atau software. Kamu hanya perlu mengklik menu Start dan tekan tombol Enter kemudian ketikkan kata kunci (keyword) "About your PC" dan Enter lagi.

Kemudian jika tidak ada kesalahan maka akan muncul jendela yang menampilkan sejumlah spesifikasi penting dari laptop yang sedang kamu gunakan. Pada halaman Device specifications ada data umum dari spek yang ada seperti model dan nama komputer, kemudian prosesor, jumlah RAM, serta sistem yang sedang digunakan. 
Sayangnya hanya data spek umum saja yang ditampilkan, terutama untuk ram hanya jumlah kapasitasnya saja, kalau untuk detail spek dari RAM memang sebaiknya pakai aplikasi. Kemudian pada bagian Windows specification ada data dari versi OS yang terinstal di laptop dan tanggal penginstallan nya.

2. Cek di System Information

Salah satu cara melihat spesifikasi laptop di Windows 10 yang paling lengkap adalah lewat System Information karena dengan fitur ini informasi spek yang ditampilkan bisa lebih terperinci.

Untuk membuka fitur System Information di win 10 cukup mudah tinggal ketikkan saja keyword "System information" di menu Start dan tekan Enter maka akan muncul jendela yang menampilkan spesifikasi laptop kamu.

Kamu bisa cek spesifikasi teknis dari laptop dengan OS Windows 10 seperti komponen hardware yang terpasang, kemudian model Bios dan juga jenis memori. Fitur yang bisa digunakan lainnya yaitu merangkum spesifikasi yang sedang dilihat menjadi sebuah file teks berekstensi file ".txt" dengan cara klik menu File lalu pilih Export.

Berikut cara mudah cek spesifikasi laptop lewat system information di win 10 :
  1. Langkah Pertama, klik pada kolom pencarian di Start Menu
  2. Kemudian Ketikkan fitur System Information kemudian klik dua kali
  3. Dan akan muncul pop-up yang muncul di layar yang menampilkan informasi data spesifikasi dari laptop yang sedang digunakan

3. Melihat Spesifikasi Laptop dengan Command Prompt

Cara berikutnya yang juga direkomendasikan karena lengkapnya informasi dari spesifikasi laptop yang ditampilkan yaitu dengan fitur Command Prompt (CMD) tentu fitur ini bisa digunakan untuk laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Cara mengetahui spesifikasi laptop dengan CMD Command Prompt sangat mudah, tinggal ketikkan saja "command prompt" di menu Start Windows 10 kemudian klik kanan di program Command Prompt, pilih "Run as administrator" maka akan terbuka jendela warna hitam pada layar.

Disitu kamu ketikkan lagi perintah "systeminfo" (tanpa tanda kutip ya) dan kemudian tekan Enter, maka akan muncul spesifikasi komputer secara detail, seperti informasi memori, bios, sistem, RAM, model komputer, dan lain sebagainya.

Sebagai informasi tambahan, kamu juga dapat mengetikkan perintah "systeminfo /?" untuk fungsi mengetahui perintah lain untuk mengetahui spesifikasi komputer lebih lanjut dan lebih detail semisal nomor seri dari laptop.

4. My Computer

Lanjut, pakai yang paling mudah dan umum digunakan, buka Windows Explorer, atau bisa langsung tekan “Windows+E” pada keyboard, akan muncul jendela explorer, cari pilihan My Computer atau This PC, klik kanan, kemudian pilih properties.

Jika berhasil akan muncul jendela baru yang menampilkan beberapa informasi mengenai spesifikasi komputer secara global dan umum, seperti tipe dari laptop, prosesor, kecepatan, RAM dan lainnya.

5. Lewat PowerShell

Kamu bisa juga coba Cara melihat spesifikasi laptop dengan sistem operasi windows 10 menggunakan fitur PowerShell. Mirip banget dengan Command Prompt, tidak jauh berbeda tetapi PowerShell terbilang lebih baik, tergantung kamu suka yang mana.

Untuk mengakses Fitur PowerShell bisa langsung memasukkan kata kunci "powershell" di menu Start Windows 10 kemudian klik kanan di aplikasi "Windows PowerShell" dan pilih "Run as administrator".

Setelah muncul jendela baru, ketikkan perintah "Get-ComputerInfo" di kolom yang tersedia dan tekan Enter, maka seharusnya muncul daftar spesifikasi laptop yang kamu gunakan, terlihat mirip dengan fitur CMD, Tapi untuk yang belum terbiasa pasti bingung, jadi memang lebih enak kalau pakai aplikasi tambahan.

6. Fitur dxdiag

Kamu bisa juga melihat spesifikasi laptop dengan menggunakan dxdiag yang cukup banyak menampilkan detail system yang digunakan. Caranya seperti berikut :
  1. Buka fitur RUN atau tekan langsung Windows+R pada keyboard
  2. ketik "dxdiag" tanpa tanda petik pada kolom open:
  3. Selanjutnya pilih dan klik OK.
Maka jika berhasil akan muncul informasi mengenai spesifikasi laptop yang kamu gunakan serta bisa melihat spesifikasi versi sistem windows 64 atau 32 bitnya.

7. Control Panel

Cek spek laptop bisa pakai opsi Control Panel yang selalu ada dari bawaan windows 10, memang pada dasarnya Menu Control Panel berfungsi untuk mengecek spesifikasi dan pengaturan lainnya terkait sistem laptop, namun mungkin secara umum saja. Caranya seperti berikut :
  1. Klik ikon pencarian Windows
  2. Kemudian ketikan saja Control Panel
  3. Jika sudah masuk ke Control Panel, cari dan klik 2x System and Security
  4. Seharusnya sudah muncul informasi spesifikasi dari laptop yang digunakan
  5. Jika belum maka pilihlah hardware dan memori, nanti akan terbuka jendela About Your PC
Umumnya cek spek laptop via control panel sering digunakan ketika akan membeli sebuah laptop, entah itu memang laptop baru ataupun laptop second karena memang cara yang mudah dan tidak butuh menginstall software apapun.

8. Pakai Software CPU-Z

Kemudian kalau mau pakai software bisa gunakan CPU-Z, sudah cukup lengkap dari informasi yang ditampilkan secara detail pada prosesor dan RAM. CPU-Z ini memang aplikasi yang berfungsi untuk melihat spesifikasi dari laptop ataupun pc yang kamu gunakan. Cara menggunakan CPU-Z seperti berikut :
  1. Download dan install dulu CPU Z dari situs resminya
  2. Setelah CPU Z selesai terinstal, tinggal buka saja, maka spesifikasi laptop langsung bisa kamu baca di halaman pertama
  3. Untuk detail mengenai CPU, ada di kolom CPU, tentang detail cpu memang cukup lengkap
  4. Untuk detail main board laptop, ada di kolom main board
  5. Untuk detail memory ada di kolom type memory
  6. Untuk detail RAM ada di kolom tab SPD
Salah satu informasi penting menurut arunapasman yang ada di CPU Z yaitu kamu bisa melihat power consumption, dengan menu ini kamu bisa mengira-ngira apakah baterai dari laptop kamu sudah sangat boros atau masih dalam keadaan normal.
 

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows 10 Dengan Software Speccy

Cara Melihat Spesifikasi Laptop di Windows 10 dengan menggunakan aplikasi yang mudah dan informasinya lengkap bisa menggunakan software Speccy, dengan software ini kamu bisa cek setiap detail hardware yang terinstall di laptop kamu termasuk tipe dan serinya. Cara menggunakannya sangat mudah :
  1. Pertama download dan instal software Speccy terlebih dahulu dari halaman resminya
  2. Setelah install selesai tinggal buka saja
  3. Akan muncul halaman utama yang berisi informasi umum dari hardware yang ada
  4. Jika ingin tau detail spesifikasi CPU, tinggal klik saja pada bagian CPU maka akan muncul halaman baru dengan informasi detail dari prosesor. Begitu juga dengan hardware lainnya.
Jika kamu ingin cek spesifikasi dari laptop yang sedang kamu gunakan untuk upgrade komponen, maka arunapasman sarankan untuk pakai software seperti speccy karena akan butuh informasi lengkap tentang detailnya. 

Jika cek spek untuk membeli laptop baru atau second bisa gunakan fitur CMD atau System Information yang sudah ada dan bawaan dari sistem operasi Windows 10. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.