Begini Caranya Bisa Memotret Gerhana Bulan Penumbra Hanya Pakai HP Android dan iOS

Salah satu Fenomena Gerhana Bulan Penumbra selalu terjadi, terlihat di Indonesia dan bisa diamati di beberapa lokasi di seluruh dunia, okeee, perlu kita tau kalau Gerhana Bulan Penumbra itu bisa dikatakan cukup langka.

Jadi karena itu sebaiknya tidak kita lewatkan begitu saja, kalau ingin menikmati dan berbagi moment tersebut, kamu bisa kok memotret proses gerhana bulan tersebut, jangan khawatir, pakai hp juga aman.

Buat kita ni, buat arunapasman yang tidak memiliki kamera profesional, tentu bisa juga mengandalkan kemampuan lensa photo photo di HP Android atau iOS yang sedang dipakai untuk memotret Gerhana Bulan Penumbra di memoment itu.

Caranya Bisa Memotret Gerhana Bulan Penumbra

Begini Caranya Bisa Memotret Gerhana Bulan Penumbra Pakai HP Android dan iOS

Arunapasman punya nih beberapa tips dan bagaimana Caranya Bisa Memotret Gerhana Bulan Penumbra yang bisa kamu coba, ya tentu arupasman juga mencobanya berkali kali.

1. Pastikan Kapan Jadwal Gerhana Bulan Terjadi

Langkah pertama yang paling penting untuk dilakukan tentusaja dengan mengetahui dengan pasti kapan jadwal gerhana bulan kapan terjadi, hingga jam berapa dan durasi dari fenomena tersebut terjadi, dari situ kita bisa mempersiapkan penyangga atau tripod agar waktu memfoto bisa mendapatkan hasil yang stabil.

Dan satu lagi, kita harus mempersiapkan soal kapasitas baterai dan penyimpanan di hp kita agar bisa cukup dan bisa merekam atau memfoto selama durasi dari gerhana tersebut terjadi.

2. Cari Lokasi Untuk Foto

Kemudian kita juga butuh lokasi yang tepat untuk memotret gerhana bulan penumbra, lokasi yang dimaksud sih bebas ya, yang penting terhindar dari cahaya lampu jalan atau lampu bangunan terlalu terang agar hasil foto kita bebas atau minim dari noise. Lebih bagus jika ada tempat terbuka dan memiliki area pandang yang oke, seperti lokasi di ketinggian, dengan begitu kita lebih bisa mendapatkan gambaran lebih jelas Dari Gerhana.

3. Melakukan Setting Kamera

Untuk memotret gerhana ini kita harus pake mode manual ya dengan menyesuaikan pengaturan kamera HP Anda dengan benar, entahlah, selama ini arunapasman pakai mode auto selalu tidak bisa dapat hasil yang bagus. Beda HP beda pengaturan, tapi ada beberapa variable yang harus disetiing.

ISO: Gunakan ISO rendah untuk menghindari noise pada foto. Disarankan menggunakan ISO 100 atau 200, atau mungkin ada set ISO yang lebih cocok buat hp kamu.

Mode Malam: Gunakan Mode Malam Jika smartphone kamu punya mode ini karena akan sangat membantu ketika memotret di kondisi cahaya rendah.

White Balance: Gunakan white balance sesuai kondisi cahaya, karena akan memfoto di malam hari maka bisa gunakan mode white balance yang sesuai untuk kondisi cahaya rendah.

Shutter Speed: Sebaiknya set fungsi shutter speed lambat untuk mengambil gambar dengan efek gerakan bulan karena standarnya gerakannya akan lambat dalam sisi fungsi kamera, tentu untuk shutter speed ini harus menggunakan tripod atau alat penyangga lainnya agar stabil dan tidak bergeser.

4. Saat Memotret Gerhana Bulan Penumbra

Okee, ketika kamu sudah mempersiapkan semuanya, sekarang harus memotret gerhana bulan penumbra, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Pertama Gunakan mode manual dengan begitu kamu akan mendapatkan lebih banyak kendali dalam mengatur pengaturan kamera seperti ISO, shutter speed, dan white balance sesuai yang arunapasman jelaskan di opsi sebelumnya.

Kmeudian pakai Fokus manual untuk mengatur fokus sesuai dengan keinginan, mengatur fokus ini sebaiknya dilakukan sebelum memotret. Dan sebaiknya dan sangat disarankan untuk tidak menggunakan zoom pada kamera HP karena akan menurunkan kualitas gambar dan menghasilkan foto yang buram.

Yang sangat disarankan untuk menggunakan mode burst yang berfungsi untuk mengambil serangkaian gambar, jadi dengan Mode burst ini kita bisa mungkin mengambil gambar dalam jumlah banyak hanya dalam sekali tekan, apalagi yang kita foto adalah gerhana yang singkat.

5. Maksimalkan Untuk Ambil Foto Sebanyak-banyaknya

Terakhir, seperti yang arunapasman jelaskan di poin sebelumnya, kamu bisa menggunakan mode burst agar bisa mendapatkan banyak gambar ketika Gerhana Bulan, dan bisa maksimalkan sampai akhir momen dari gerhana, dengan begitu kita bisa dapat banyak bahan untuk diedi, tentu tidak semua hasil foto akan bagus, tapi pasti ada beberapa yang bisa di edit untuk mendapatkan sentuhan akhir yang lebih okee, selamat mencoba.