Cara Memperbaiki dan Teknik Perbaikan RAM Komputer

Sebelum masuk pembahasan lebih jauh, Cara Memperbaiki dan Teknik Perbaikan RAM Komputer yang dimaksud adalah melakukan beberapa tindakan pengecekan, pembersihan dan stimultan kepada RAM komputer yang sudah memberikan tanda-tanda kerusakan.

Tapi jika RAM komputer kamu benar-benar dideteksi sudah mati, lebih baik ganti dan upgrade dengan yang baru karena teknik memperbaiki RAM hanya memiliki kemungkinan berhasil 50:50. Itupun pada RAM yang terdeteksi kerusakan sekitar 40%-60%.

Inti Cara Memperbaiki RAM Komputer atau Laptop

RAM atau (Random Access Memory) adalah perangkat untuk menyimpan data sementara ketika komputer sedang digunakan, artinya kecepatan RAM bisa mengimbangi dari kecepatan proses CPU.

Maka dari itu RAM memiliki tuntutan untuk akses kelistrikan yang lancar serta terpasang sempurna pada slot. Pin RAM yang bersifat konduktif untuk mengalirkan listrik juga harus bersih dan bebas dari hambatan apapun yang menyebabkan munculnya listrik statis.

Cara Memperbaiki dan Teknik Perbaikan RAM Komputer

Ciri - Ciri RAM Rusak

Ciri - Ciri RAM Komputer Rusak adalah munculnya tanda-tanda yang mengindikasi bahwa ada masalah pada RAM.
  • Komputer sering restart sendiri
  • Tampilan sering blank gelap
  • Sering Terjadi Blue Screen
  • Ada bunyi beep ketika komputer dihidupkan
  • Proses kerja dan load komputer sangat lemot
Jika sudah muncul beberapa gejala tersebut maka akan lebih baik jika kamu melakukan beberapa tindakan berikut untuk mengetahui apakah RAM masih bisa diselamatkan atau harus diganti.

Cara Memperbaiki dan Teknik Perbaikan RAM Komputer

Ingat ! banyak sekali resiko dengan cara perbaikan berikut ini. Tapi resiko terbesarnya hanya RAM kamu akan benar-benar mati total, jadi Cara ini boleh kamu lakukan jika kamu termasuk orang yang ingin tau dan ingin mencoba.

Diluar itu, jika kamu malas untuk repot lebih baik bawa saja perangkat komputer kamu ke servisan terdekat.

1. Periksa Posisi RAM pada Slot

Sedikit sekali kemungkinan terjadi posisi RAM yang kurang pas pada slotnya, tapi kemungkinan ini tetap ada mengingat kunci dari slot juga bisa aus.

2. Keluarkan RAM dari Slot

Jika tidak ada masalah dengan penempatan RAM di slot, maka lepaskan saja RAM dari slotnya dan mulai untuk membersihkannya.

3. Bersihkan RAM dengan Karet Penghapus atau Kain Lembut

Cek bagian pin dari RAM yang berwarna kuning mengkilat pada bagian bawah, apakah ada kotoran seperti karat halus atau sejenisnya. Bersihkan bagian pin dengan cara menyekanya menggunakan karet penghapus dengan ringan dan halus saja berulang-ulang jangan sampai di tekan. Ingat! bagian pinnya saja bukan bagian lain.

4. Bersihkan semua Bagian Badan RAM

Kamu bisa menggunakan kuas kecil pembersih dvd tau sejenisnya untuk membersihkan seluruh bagian badan RAM, bisa juga menggunakan cotton bud yang diolesi alkohol atau tiner agar bisa membersihkan semua kotoran.

Lakukan dengan teliti dan pelan-pelan saja, jika sudah biarkan sampai kering terlebih dahulu. Fungsi tindakan ini untuk membersihkan jika ada kotoran yang menyebabkan munculnya listrik statis.

Sampai disini kamu bisa mencoba RAM yang sudah kering dari proses pembersihan tadi. Jika masih belum normal, lakukan langkah berikutnya.

5. Stimultan Menggunakan Multimeter

Cara terakhir adalah dengan memberikan pancingan untuk memperbaiki jika ada masalah dengan aliran arus listrik pada RAM.

Cara Penggunaannya :
  • Set multimeter di skala Ohm dengan ukuran bebas bisa 10K atau 100K
  • Tempelkan ujung kabel hitam ke salahsatu pin tembaga kaki RAM
  • Tempelkan ujung kabel merah ke kaki IC
  • Tempelkan ujung kabel merah satu persatu ke semua kaki IC memori yang ada ( Fungsinya untuk menstimultan setiap sel-sel memori yang ada untuk "membangunkan" kembali.
Kemudian coba lagi pada perangkat komputer kamu.

6. Cara Terakhir Jika RAM memang Mati

Cara terakhir bisa kamu lakukan jika hanya dari kelima cara diatas sudah tidak menghasilkan apa-apa. Artinya RAM kamu kemungkinan besar memang sudah mati.

Caranya rendam dengan air detergen dan bersihkan dengan sikat untuk mencuci pelan-pelan saja. Jika dirasa sudah bersih, tinggal kamu keringkan sampai tidak ada titik titik air yang melekat pada RAM.

Kesimpulan

Jika dari ke 5 Cara Memperbaiki dan Teknik Perbaikan RAM Komputer tersebut tidak memberikan hasil apapun atau gejala kerusakan tetap terjadi. Saran dari Arunapasman lebih baik segera beli RAM yang baru.