Kiat - Kiat Menjaga Keamanan Meeting Online

Bergesernya fungsi teknologi internet menjadi sarana kerja utama, kini berbagai aktifitas pekerjaan mulai berubah dari tatap muka dikantor menjadi meotde online seperti Meeting Online.

Online meeting atau pertemuan online kini tidak hanya dimanfaatkan untuk pekerjaan saja namun juga sering digunakan untuk berjumpa sapa dengan keluarga yang jauh di tengah masa pandemi.

Memang perubahan aktivitas ke ranah online harus terjadi demi memanfaatkan teknologi untuk berlanjutnya kehidupan, namun keamanan siber juga patut untuk diperhatikan apalagi ketika menggunakan media video.

Berikut ini ada beberapa kiat-kiat menjaga keamanan meeting online dari tindak kejahatan cyber yang bisa kita lakukan agar tidak terjadi hal yang merugikan.

Kiat - Kiat Menjaga Keamanan Meeting Online

1. Buatlah Kata Sandi serta Nomor ID Unik Di Batas Maksimal

Langkah pertama tentu saja kita bisa mengatur kata sandi dan nomor ID yang unik setiap melakukan pertemuan online dan jangan gunakan ID serta pasword yang sama.

Hampir sebagian besar platform konferensi video memiliki teknologi yang memungkinkan pengaturan ID jadi akan sangat bijak untuk dimanfaatkan.

Dengan mengatur ID unik maka akan bisa membatasi akses terhadap ruang meeting online dari orang-orang yang hanya ingin mendapatkan keuntungan sepihak.

Selain itu mungkin kita juga bisa mengaktifkan fitur persetujuan anggota secara manual untuk memastikan siapa saja yang mengikuti pertemuan online.

2. Update Software Konferensi Video Rutin

Kalau menggunakan media online meeting baik untuk perihal kerja, sekolah atau mungkin kegiatan penting lainnya, maka sangat penting untuk melakukan update aplikasi konferensi video secara berkala.

Update dan pembaruan aplikasi bertujuan untuk memperbaiki risiko gangguan atau bug yang ada di versi sebelumnya, karenanya kalau untuk urusan kerja dan sekolah lebih baik pakai aplikasi yang resmi.

Dan jangan lupa untuk melihat kembali kebijakan privasi layanan dari setiap platform yang akan digunakan apakah sesuai dengan yang kita butuhkan serta software atau aplikasi tersebut dari platform situs toko aplikasi terpercaya.

3. Gunakan Teknologi Keamanan Cybersecurity Terbaik

Khusus untuk kebutuhan daring dalam skala besar dan mempunyai tujuan jangka panjang seperti pekerjaan dengan membahas proyek tertentu maka sangat disarankan untuk menggunakan proteksi berupa teknologi keamanan siber yang tepat.

Sehingga kegiatan yang kita lakukan secara online bisa aman dalam jangka panjang dan juga mendukung fleksibilitas, menjamin ketahanan bisnis disaat kita membangun digitalisasi bisnis.

Memanfaatkan teknologi keamanan cybersecurity terbaru akan bisa meminimalisar dan mencegah kerugian pada bisnis ataupun semua pekerjaan yang kita lakukan dalam masa yang panjang di ranah akses internet.