Inilah Fungsi dari Casing Komputer, CPU atau PC

Salah satu Fungsi Casing Komputer, CPU atau PC yaitu sebagai tempat dari komponen komputer proses seperti motherboard, harddisk, powersupply dan sebagainya.

Sebagai info Casing komputer adalah sebuah komponen komputer terluar untuk tempat komponen komputer pemrosesan dan penyimpanan, casing computer ini tidak ada hubungannya dengan proses kerja dari sebuah komputer.

Tapi tentu saja tidak mungkin kalau komponen proses dibiarkan tersebar begitu saja. Karena itu sebagai estetika dan agar terlihat rapi maka dibutuhkan Fungsi Casing Komputer, CPU atau PC.

Berikut fungsi casing komputer lain yang sejauh ini Arunapasman ketahui dari pengalaman berkutat dengan komputer.

Fungsi Casing Komputer, CPU atau PC

Fungsi Casing Komputer, CPU atau PC

1. Tempat Komponen Komputer Inti

Fungsi pertama casing komputer seperti yang sudah dijelaskan diatas yaitu sebagai tempat atau rumah dari komponen komputer inti pemrosessan dan penyimpanan lainnya.

Jadi komponen seperti motherboard, hardisk, powersupply, radiator pendingin dan yang lain bisa tertata dengan rapi dalam satu tempat solid.

2. Nilai Seni Komputer Custom

Fungsi casing komputer secara khusus juga bisa sebagai sebuah nilai seni dalam dunia computer custom. Casing dengan tujuan ini dibuat secara khusus agar semua sisi didalamnya bisa terlihat dari luar.

Ukutan casing komputer custom relatif besar karena untuk tempat komponen komponen dengan kualitas tinggi sehingga membutuhkan space yang cukup lebar.

3. Pelindung Aliran Listrik

Fungsi casing komputer yang paling penting adalah untuk melindungi user atau pengguna tersetrum aliran listrik dari komponen komputer didalam casing.

Ketika komputer dihidupkan pastinya komponen seperti motherboar akan teraliri listrik, kalau tidak dikemas dalam casing dan tidak sengaja tersentuh sudah pasti kamu akan kesetrum.

Karena itu dengan adanya casing komputer kamu bisa membetulkan posisi tanpa khawatir tersetrum aliran listrik.

4. Panel Tombol Motherboard

Agar motherboard bisa dihidupkan dan bisa dipaksa restart ketika hang misalnya maka dibutuhkan panel tombol sebagai input perintah.

Coba kalau kamu membuat panelnya secara manual, pasti akan ribet dan hasilnya tidak rapi terpisah-pisah.

Karena itu salah satu fungsi casing komputer juga sebagai tempat panen tombol untuk perintah proses kerja motherboard seperti tombol on off, restart dan port usb.

Kesimpulan Fungsi Casing Komputer, CPU atau PC

Meskipun ada beberapa fungsi daricasing komputer, intinya hanya satu. Semua unit komponen membutuhkan sebuah tempat agar tertata dengan rapi dan tidak mendapat kontak langsung dari luar ketika komputer sedang hidup.