Cara Melihat dan Cek Spesifikasi Laptop

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Cek Spesifikasi Laptop pastinya dilakukan dengan kemungkinan dua tujuan, kalau tidak untuk mengupgrade komponen pasti ingin membeli laptop yang di cek spesifikasinya.

Ada banyak cara untuk mellihat atau cek spesifikasi laptop, salah satu yang Arunapasman sering lakukan yaitu dengan menggunakan software tambahan speccy kalau tidak ya searching di Google.

Intinya tidak sulit untuk cek spesifikasi laptop kamu, hanya perlu sedikit gerak dan kamu sudah bisa melihat sebagian besar informasi detail dari komponen laptop tersebut.

Berikut cara melihat atau cek spesifikasi Laptop yang mudah dilakukan dan dapat kamu coba kalau ingin membeli laptop yang baru.

Cara Melihat atau Cek Spesifikasi Laptop

Cara Melihat atau Cek Spesifikasi Laptop

1. Menggunakan Control Panel Home

Kamu bisa melakukan cara melihat spesifikasi laptop dengan menggunakan Control panel Home, caranya sebagai berikut :
  • Buka Windows Explorer
  • Klik Kanan pada MyKomputer atau This PC
  • pilih Properties
Sayangnya hanya komponen laptop basic saja yang bisa kamu lihat seperti merk laptop, model laptop, prosesor, RAM, bit sistem dan OS yang sedang digunakan.

2. Menggunakan Dxdiag

Kemudian yang banyak orang lakukan untuk melihat spesifikasi laptop yaitu dengan menggunakan aplikasi Dxdiag yang sudah ada bawaan dari OS windows pada umumnya, caranya sebagai berikut :
  • Windows + R
  • Ketik "Dxdiag"
  • Klik OK
Ada 4 pembagian spesifikasi yang bisa kamu lihat yaitu sistem termasuk didalamnya prosesor, display, sound dan input yang digunakan.

3. Menggunakan CPU-Z

Kamu juga bisa menggunakan software untuk cek spesifikasi laptop, karena biasanya info yang diberikan lebih detail ran terperinci.

Salah satu software yang bisa kamu gunakan yaitu CPU-Z, hanya saja software ini lebih menajamkan informasi pada CPU yang digunakan dan agak kurang lengkap pada komponen lainnya.

4. Menggunakan Speccy

Kemudian ada juga speccy yang menurut Arunapasman informasi spesifikasi yang diberikan sangat terperinci dan jelas serta mudah digunakan.

Lisensi softwarenya yang gratis membuat kamu bisa mendownload dan menginstal software ini secara cuma-cuma dan bahkan ada versi portable nya.

5. Menggunakan HWiNFO

Kamu juga bisa menggunakan HWiNFO untuk cek spesifikasi laptop. Informasi detail komponen yang di tampilkan sangat terperinci.

Hanya saja untuk menginstallnya agak ribet dan mencari sumber downloadnya lebih sulit daripada software lainnya .

6. Menggunakan Informasi Sistem

Kalau malas download software untuk cek spesifikasi laptop, kamu dapat juga menggunakan informasi sistem yang sudah disediakan oleh OS Windows. Caranya seperti berikut :
  • Buka Start menu
  • Ketik "msinfo32" atau "System Information"
  • Tekan Enter
Informasi spesifikasi yang diberikan sangat lengkap, tapi rasanya terlalu monoton dan deskripsi spesifikasi tiap komponen terlalu panjang.

7. Cari Spesifikasi di Google

Cara paling gampang dilakukan lainnya yaitu dengan mencari spesifikasi laptop yang dicari pada Search Engine Google.

Ada banyak sekali situs yang mengulas berbagai macam tipe laptop lengkap dengan spesifikasinya. Tinggal kamu lihat satu persatu, 5 situs pada halaman utama Google sudah pasti memberikan informasi detail spesifikasi dengan lengkap.

Mencari spesifikasi laptop memang paling enak dengan mencarinya di Search Engine, kita juga dapat mencari testimoi atau video reviewnya sekalian.

8. Melihat Spesifikasi Laptop di Toko Online

Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mencarinya pada toko online yang menjual produk laptop tersebut. Biasanya pada toko online yang menjual laptop sudah menyertakan spesifikasi produk yang dijual.

Tidak selengkap dengan software speccy memang, tapi kalau kamu mau membeli laptop baru tentunya cara ini yang paling mudah dilakukan untuk melihat spesifikasi laptop yang kamu cari tersebut.

Penutup Cara Cek Spesifikasi Laptop

Cara Melihat atau Cek Spesifikasi Laptop bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kalau kamu ingin mengupgrade komponen laptop gunakan saja software seperti Speccy karena detai tipe komponennya sangat terperinci.

Tapi misalnya kamu ingin membeli laptop baru, pasti tidak bisa menggunakan software karena laptopnya saja belum ada. Lebih baik kamu cari spesifikasi laptop tersebut pada situs yang membahas tentang berbagai macam review laptop da komputer.