Loncatan Perkembangan Teknologi di Era 5G yang Mungkin Terjadi

Dengan hadirnya teknologi 5G di masa sekarang ini tetunya membuat dimensi kehidupan teknologi kita akan mulai cepat berubah, efeknya nanti akan ada beberapa implementasi luar biasa yang memungkinkan untuk terjadi, contoh awal saja sekarang koneksi internet sudah jauh lebih cepat daripada beberapa tahun yang lalu.

Teknologi 5G atau dengan artian dasar jaringan seluler generasi kelima sangat diharapkan mampu merubah pola cara hidup dan aktifitas masyarakat saat ini menjadi lebih mendekatkan jarak ruang. Harapan ini bisa saja terjadi karena teknologi 5G disebut-sebut memiliki banyak keunggulan daripada jaringan 4G yang ada sekarang, salah satunya jaringan 5G dikatakan dapat mentransmisikan data 10-100 kali lebih cepat daripada 4G.

Hal tersebut berarti akan ada lompatan akses internet yang luar biasa, bayangkan saja dengan teknologi 4G sekarang kamu bisa download dengan kecepatan hingga 20mbps, maka dengan teknologi 5G hitungan kasarnya kamu bisa download dengan kecepatan hingga 150-200mbps.

Kecepatan teknologi 5G tentunya mampu menyediakan konektivitas yang lebih luas daripada hanya untuk sebatas akses internet smartphone saja, teknologi ini mampu menghubungkan lebih banyak perangkat besar secara real time tanpa delay.

Perubahan perkembangan teknologi akan terjadi, teknologi yang ada akan berubah lebih pesat dan seperti mobil yang bisa dikendalikan jarak jauh akan sangat memungkinkan untuk terjadi. Berikut ini mungkin ada beberapa contoh implementasi dari teknologi 5G yang mungkin bisa terjadi.

Loncatan Perkembangan Teknologi di Era 5G yang Mungkin Terjadi

Mobil Otonom Atau Mobil Tanpa Pengemudi

Layaknya apa yang ditampilkan pada film-film sci-fi, teknologi untuk menghasilkan sebuah produk mobil tanpa pengemudi atau otonom sangat jelas sekali bisa diwujudkan dengan adanya koneksi internet 5G. Karena teknologi yang paling dibutuhkan yaitu jaringan internet yang cepat dan handal tanpa kendala, maka kecepatan dari jaringan 5G ini menjadi sebuah angin segar untuk merealisasikan impian tersebut.

Mobil otonom bekerja dengan menggunakan ratusan sensor agar bisa melaju cepat tanpa pengemudi, sensor yang sangat banyak tersebut membutuhkan akses internet yang sangat cepat agar bisa bekerja 2 arah dari mobil ke server. Dan standar kebutuhan kecepatan akses internet tersebut terlihat dimiliki oleh teknologi 5G yang akan datang.

Teknologi Internet of things (IoT)

Berikutnya yang mungkin untuk diwujudkan yaitu teknologi Internet of things (IoT). Teknologi IoT ini merupakan perwujudan dari terhubungnya banyak perangkat secara realtime termasuk berbagi data dan dapat diakses dari jarak jauh yang sekarang tidak bisa ditangani oleh kecepatan internet standar. Mungkin beberapa terapan Teknologi IoT sudah banyak dikembangkan dan diaplikasikan, namun masih ada keterbatasan dalam jumlah serta kemampuan akses yang bisa dilakukan.

Dengan adanya teknologi 5G nanti maka kemampuan wireless yang dipakai oleh IoT yang sekarang akan mengalami lompatan yang sangat jauh, kecepatan konektivitas yang lebih cepat dan stabil akan mampu menghubungkan miliaran perangkat dengan sistem transmisi data tanpa batasan kecepatan dan latensi. Mudahnya seperti ini, Semua teknologi produksi pada sebuah pabrik A dapat dikendalikan dan disinkronisasikan dari suatu tempat atau Pabrik B dengan jarak puluhan kilometer.

Sempurnanya Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality

Sebagai info saja kalau Teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) adalah dua jenis teknologi yang masih tergolong baru dan memungkinkan untuk manusia saling berinteraksi pada dunia virtual dengan tampilan badan yang nyata

Memang kedua teknologi ini sudah banyak kita tau dan digunakan pada saat ini misalnya pengaplikasian teknologi AR untuk efek dan filter unik pada kamera smartphone dan teknologi VR yang digunakan pada beberapa genre game online.

Namun kedua teknologi ini masih memiliki keterbatasan antara satu sama lain, kehadiran teknologi 5G nanti akan mampu meningkatkan dan mentransformasikan teknologi VR dan AR menjadi lebih sempurna.

Dimana nanti perangkat VR akan semakin ringan dan teknologi AR akan menjadi lebih efisien ber tampilan yang lebih nyata, jadi kesempatan untuk bertemu dengan orang lain di dunia digital dengan penampilan nyata kita dan bukan avatar tidak hanya mimpi belaka.

Operasi Bedah Jarak Jauh

Implementasi yang akan sangat berguna lainnya bisa jadi teknologi operasi bedah jarak jauh berbasiskan AR dan VR ataupun jika ada teknologi baru akan tercipta dan lebih murah. Saat ini untuk melakukan pembedahan maka dokter harus pergi kerumah sakit tersebut dan menjalankan prosedur operasi secara manual dengan tangan sendiri.

Tapi dengan adanya teknologi 5G berkecepatan tinggi nanti, operasi pembedahan dari jarak jauh bisa nyata untuk di aplikasikan, mungkin sekarang juga sudah ada namun teknologi tersebut sangat mahal karena keterbatasan tertentu.

Instrumen bedah akan berubah sehingga bisa dikendalikan dan digunakan dari jarak jauh dengan kualitas tampilan yang jernih dan meminimal kan jeda yang muncul karena permasalahan akses jaringan internet. Jadi antara perangkat yang digunakan dokter dan perangkat di ruang operasi dengan jarak yang jauh, tidak akan terjadi delay atau jeda yang cukup panjang, apa yang dilakukan dokter juga akan terjadi pada ruang operasi saat itu juga.

Mungkin itulah sedikit dari banyaknya implementasi canggih yang mungkin terwujudkan dari kemunculan teknologi 5G yang berkecepatan internet luar biasa, tentu semua sektor mulai dari industri, peringatan bencana alam hingga proses pendidikan juga akan menjadi berbeda dari yang sekarang ada.