Cara Menjaga Kesehatan Mata Jika Sering Menggunakan Gadget Smartphone

Seperti yang kita lihat di masa sekarang ini Ponsel dan laptop menjadi sebuah hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita karena tuntutan pekerjaan, gaya hidup ataupun perihal lain, maka dari itu sudah sewajarnya penting untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan mata ketika kita sering menggunakan gadget seperti ponsel smartphone agar tidak mudah lelah.

Semakin sering kita menggunakan gadget seperti ponsel smartphone maka kita akan semakin tidak menyadari jika salah menggunakan atau terlalu lama dan terlalu sering akan memberikan efek yang cukup berbahaya untuk kesehatan mata.

Pada dasarnya jarak rata rata ketika kita menggunakan gadget tidak lebih dari 10 inci dari wajah, padahal jarak yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan mata haruslah lebih dari 15inci, maksimal 18 inci lah yang masih terlihat jelas.

Penggunaan gadget yang terlalu dekat dengan mata pastinya akan memberikan dampak buruk, karena itu Arunapasman ingin berbagi beberapa cara menjaga kesehatan mata ketika kita menggunakan gadget, ponsel ataupun smartphone.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Ketika Sering Memakai Smartphone

Cara Menjaga Kesehatan Mata Ketika Sering Memakai Smartphone

1. Seringlah Berkedip Lebih Banyak

Cara pertama yang bisa sangat membatu agar pandangan tetap sehat ketika menggunakan smartphone atau gadget atau kegiatan melihat informasi pada gawai yaitu dengan sadarkan diri sendiri untuk berkedip lebih sering karena jika mengikuti fokus maka mata menjadi sedikit berkedip dan lama kelamaan akan mudah kering lelah dan merasa perih.

2. Besarkan Ukuran Font Pada Ponsel

Berikutnya karena disarankan kita memegang gawai jauh dari mata dengan jarak tertentu maka agar tetap mudah membaca teks dan informasi lainnya maka ubah ukuran font menjadi lebih besar, apalagi jika usia sudah mulai menanjak lebih baik jangan dipaksakan untuk melihat ukuran font yang kecil.

3. Atur dan Redupkan Layar Ponsel

Cahaya terang dari gadget tidak bagus untuk kualitas tidur dan istirahat, karena itu jika memegang ponsel atau smartphone di malam hari sebelum atau menjelang tidur maka sangat disarankan untuk meredupkan layar ponsel agar mata tidak terlalu lelah.

4. Berhentilah Setelah Maksimal 2 Jam

Cara yang paling Arunapasman sarankan yaitu berhentilah dan beristirahatlah dari memegang atau menatap gadget setelah maksimal 2 jam penggunaan, kalau bisa sebelum 2 jam harus sudah istirahat. Dan untuk waktu istirahat nya juga sekitar 2 jam juga, gunakan untuk minum, tiduran dan yang paling bagus yaitu keluar dan melihat suasana sekitar terutama jika ada area perpohonan atau yang lapang.

5. Imbangi Dengan Aktifitas di Luar

Jangan sampai menjadi ketergantungan dengan gadget dan menghabiskan waktu seharian bermain atau menggunakan smartphone, agar mata tetap dalam keadaan normal maka otot mata harus tetap elastis.

Menjaga otot fokus mata agar tetap sesuai fungsinya tentu tidak boleh menatap suatu obyek dengan jarak tertentu dalam waktu yang lama. Karena itu imbangilah aktifitas diluar ruangan agar mata bisa mengatur kembali kemampuan fokus dengan melihat jauh dan dekat secara bergantian.

Terlebih lagi jika sepanjang hari selama sepekan kita tidak terlepas dari gadget karena tuntutan pekerjaan, maka dari itu jalan jalan atau mengunjungi tempat tempat yang benuansa alami dan dominan berwarna hijau bisa mengembalikan kesegaran dari mata yang lelah. Memandang landscape alam yang membentang juga baik untuk menjaga otot mata agar bisa tetap elastis dan mempertahankan kekuatan fokus normalnya.

Singkatnya, SERING – SERING lah untuk berada ditempat yang tinggi seperti puncak gedung, atas rumah, bukit dan sebagainya kemudian memandanglah objek yang jauh. Cara ini sangat bagus untuk menjaga otot fokus mata agar tetap normal. Semoga bermanfaat.