Cara Agar Hasil Foto Smartphone HP Terlihat Lebih Keren dan Menarik

Apa kamu pernah coba mengambil foto menggunakan hp smartphone tapi hasilnya kurang memuaskan dan biasa saja ? Hal ini tentu wajar ya, kecuali kamu sudah pernah ikut kelas fotografi. Tapi tenang saja, kamu bisa kok coba ikuti beberapa tips dan cara agar hasil foto dari smartphone bisa terlihat lebih keren dan menarik.

Tentu untuk mendapatkan hasil foto yang bagus tidak hanya jepret-jepret saja melainkan ada trik-trik tertentu yang bisa menjadikan foto tersebut memiliki komposisi lebih kaya sehingga terlihat lebih indah dan bagus. Khusus buat kamu traveller nih atau memang suka foto foto, bisa kok dengan kiat kiat simpel untuk membuat jepretan foto kamu lebih berkarakter dan menarik walaupun dengan kondisi spot yang sama.

Cara Hasil Foto Dari Ponsel Smartphone Terlihat Lebih Keren

Cara Hasil Foto Dari Ponsel Smartphone Terlihat Lebih Keren

1. Menggunakan Posisi Foto Sesuai Kebutuhan

Posisi foto yang kita maksud ini yaitu mode portrait atau lanskap yang jelas memiliki perbedaan pemosisian, karena itulah jika meletakkan foto sesuai tempatnya akan bisa membuat foto lebih pas dan terlihat sisi tujuannya.

Jika membutuhkan foto untuk obyek dekat dengan fokus ke orang gunakan potrait dan jika ingin foto fokus ke indahan background maka gunakan fungsi landscape karena itulah salah satu cara terbaik agar foto terlihat lebih sempurna.

Untuk mode landscape akan lebih baik dengan menambahkan titik latar depan yang menarik dan fungsi lainnya agar para penikmat foto mengarahkan pandangan ke tempat kejadian, teknik ini juga penting untuk memberikan kesan skala sehingga bisa mencari jarak yang tepat.

2. Karakter Tujuan dari Foto

Salah satu hal yang tidak kalah penting yaitu foto tersebut harus bisa merepresentasikan apa yang kamu lihat, dengar, sesuai dengan isi hati dari si obyek foto. Jadi dengan melihat foto tersebut orang lain bisa mengerti apa yang kamu rasakan. Contohnya foto berikut ini :

Dengan memposisikan obyek si cewek di sisi kiri menghadap ke matahari terbit serta background landscape bisa sangat menggambarkan indahnya pandangan yang cewek tersebut lihat sehingga orang yang melihat foto tersebut juga bisa merasakan "wah, indah ya pemandangannya" kira kira seperti itu.

3. Harus Pintar Mencari Celah

Khusus untuk mengambil jepretan foto dengan sudut pandang yang luas seperti alun-alun atau lapangan tentu sangat susah karena jika lebarnya nanggung maka kesan dan intriknya tidak bisa terlihat, beda kasus jika kita punya drone, semua kebutuhan jarak tersedia.

Jika ingin memotred dengan background yang luas kamu bisa menggunakan teknik memotret dari posisi di tempat yang lebih tinggi, jangan sembrono naik ke tempat tinggi ya, jika membutuhkan ijin ya harus ijin dulu.

4. Latih Kepekaan Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan akan sangat berpengaruh dengan hasil foto karena itu sering kali fotografer dianggap harus lebih peka terhadap lingkungan karena setiap momen atau kejadian tertentu akan lewat begitu saja kalau diabaikan.

Kadang momen momen tertentu akan terulang kembali tetapi dengan background dan karakter yang berbeda karena itu kepekaan terhadap kondisi dan situasi tertentu harus benar-benar dilatih agar lebih tanggap. Salah satu alasan kalau momen langka harus diwaspadi karena kemungkinan besar sulit untuk ditemukan kembali kalo kamu kurang memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

5. Terus Mencoba

Terakhir yang jelas skill seperti ini atau memotret dengan suatu nilai misalnya foto wajah dengan kontak mata yang kuat, senyum tulus yang indah, atau posisi pose yang menarik tidaklah mudah, harus dicoba berkali-kali sehingga mendapatkan "sense" yang pas.

Dengan sering mencoba berulang kali maka kemampuan kamu pun akan maskin terasah sehingga nanti ada pengalaman-pengalaman yang menambah ilmu fotografi kamu dimana hal tersebut tidak bisa didapatkan dengan diajarkan.

Agar Foto Dari HP Terlihat Keren dan Menarik

Perlu dipahami agar mendapatkan jepretan foto yang terlihat keren dan menarik ini tidak bisa dengan peralatan dan cara memotret seadanya atau mungkin hanya swafoto biasa kemudian ingin dapat hasil foto yang istimewa, tetapi kamu perlu mempelajari trik-triknya, kondisi lingkungan yang bagus, dan mencoba mempraktekan berulang-ulang serta peralatan yang mumpuni.