Agar Tetap Sehat Jika Sering Duduk di Depan Komputer

Bekerja didepan laptop atau komputer di masa sekarang sepertinya sudah tidak bisa dihindari karena semua sudah berbasis komputasi, maka dari itu kamu sebaiknya tau bagaimana cara agar kondisi kesehatan tetap terjaga meskipun sering duduk didepan komputer.

Seperti yang kita tau kalau butuh waktu berjam-jam di depan komputer untuk mengerjakan sesuatu hal dan kondisi tersebut bisa saja memberikan efek negatif untuk kesehatan fisik kita secara lengkap. Karenanya arunapasman ingin berbagi beberapa tips dan cara agar membantumu tetap sehat meskipun selalu bekerja dengan komputer atau laptop sepanjang hari.

Cara Tetap Sehat Di Saat Sering Duduk Bekerja Dengan Laptop

Cara Tetap Sehat Di Saat Sering Duduk Bekerja Dengan Laptop

1. Duduk Dengan Posisi yang Baik

Pertama karena kita duduk di depan komputer bisa berjam-jam lamanya maka sangat penting untuk menjaga postur tubuh yang baik agar posisi tulang tetap normal dan sehat. Sebisa mungkin terapkan postur tegak, karena posisi yang membungkuk dalam waktu lama bisa memberikan rasa sakit ke beberapa ruas tulang belakang.

Sebaiknya gunakan kursi berpenyangga agar postur tetap tegak dan ketika tubuh terasa nyaman pada posisi tegap maka itulah kemungkinan besar posisi yang benar karena semua berada pas di posisinya.

2. Bergeraklah dan Regangkan Badan Secara Teratur

Agar terhindar dari rasa nyeri otot atau ketegangan bada bagian tubuh tertentu maka lakukan peregangan secara teratur dan bergeraklah secara simultan, hal ini sangat penting dilakukan karena jika terlalu lama duduk dan minim gerakan badan bisa terasa sumpek serta sesak.

Kalau bingung caranya, buatlah alarm untuk durasi waktu tertentu misalnya 45menit untuk berdiri dan melakukan peregangan. Apabila diluar ruangan kerja kamu ada area yang luas bisa juga lakukan peregangan ala pemanasan olahraga, cara ini berguna agar sirkulasi darah tetap lancar.

3. Selalu Makan Camilan Sehat dan Alami

Jika ingin tetap merasa segar sepanjang hari, hal yang bisa kamu lakukan yaitu makan cemilan sehat dan jauhi gula atau kafein dalam jumlah banyak. Cemilan sehat yang dimaksud bisa buah buahan ataupun makanan yang rendah kalori bebas gula, kalau kamu suka minum jus buah tanpa gula itu akan sangat baik. Makanan yang mengandung banyak serat dan minim lemak juga menjadi alternatif paling tepat, jadi tidak akan ada tumpukan lemak di tubuh bagian bawah.

4. Terus Minum Air Putih

Paling penting yang jangan sampai kamu lupakan yaitu terus minum air putih agar terhindar dari rasa sakit kepala atau kelelahan saat bekerja berjam-jam. Jagalah tubuh agar selalu terhidrasi, sering buang air kecil justru bagus artinya ginjal kamu selalu bersih.

Duduk di depan komputer dalam waktu lama pastinya membuat tubuh minim gerak yang mengakibatkan peredaran darah kurang lancar, jadi melakukan peregangan secara rutin dan banyak minum air putih akan sangat disarankan.

5. Menjaga Jarak Fokus Mata

Kemudian salah satu yang dikhawatirkan dari seringnya duduk lama di depan komputer maka kita harus bisa untuk mengatur jarak fokus mata. Cobalah untuk berhenti dulu sekitar setengah jam setelah 2-3jam berkutat dengan komputer. Diwaktu setengah jam itu kamu harus bisa mencari tempat untuk mata agar bisa melihat jauh. Paling tidak dengan begitu elastisitas otot mata bisa terjaga.

6. Seringlah Berjalan Kaki

Sama seperti poin-poin sebelumnya dimana penting untuk menggerakkan badan, tapi kali ini arunapasman sangat sangat menganjurkan dan menyarankan kamu untuk memperbanyak jalan kaki. Hal ini karena ketika kita duduk lama didepan komputer maka bagian tubuh yang paling pasif adalah kaki hingga ke punggung, maka dari itu penting sangat untuk menjaga aliran darah di bagian ini, dan hal yang paling mudah dilakukan yaitu Banyak Jalan Kaki. Semoga bermanfaat.