Tips Cara Memilih Charger Cas Hp Smarphone Yang Bagus

Disisi lain berkembangnya teknologi bernama ponsel, sisi kebutuhhan daya menjadi sesuatu yang sangat penting karena sudah seperti nyawa dari smartphone tersebut, maka dari itu Arunapasman punya beberapa tips dan cara memilih charger atau cas hp ponsel smartphone bagus dan berkualitas yang mungkin bisa bermanfaat buat kamu.

Yaap Secara spesifikasi smartphone yang diluncurkan pada masa sekarang memang sudah umum memiliki kapasitas baterai yang lumayan besar dan tentu saja harus didukung kualitas charger yang mumpuni agar baterai tetap sehat.

Tetapi kepala charger ini juga ada masa pakainya, entah itu memang rusak karena lama dipakai atau semisal hilang maka mau tidak mau kita akan menggunakan atau membeli charger baru, dalam hal ini harus diperhatikan dengan teliti karena daya yang berbeda akan membuat kondisi baterai memburuk.

Perlu diketahui dan dipahami kalau tidak semua cas atau charger cocok dengan smartphone yang digunakan, munkin memang colokannya sama persis namun perbedaan daya dan tegangan yang masuk akan berpengaruh besar untuk peforma baterai.

Ada beberapa poin penting yang harus kamu tau jika ingin membeli charger baru dan paling penting jangan tertarik harga murah, apalagi hanya karena bentuknya saja. Berikut ini ada beberapa tips dan cara memilih charger atau cas smartphone yang bagus agar sesuai dengan kebutuhan baterai ponsel.

Cara Membeli dan Memilih Charger HP Yang Bagus

Cara Membeli dan Memilih Charger HP Yang Bagus

1. Usahakan Untuk Beli dari Official Store

Saran pertama lebih baik kamu membeli charger ponsel langsung dari official store, jadi setiap charger yang dijual sudah ada keterangan untuk tipe hp yang cocok. Dalam segi harga mungkin lebih mahal dari toko biasa, tetapi kualitas barangnya bisa dijamun dan untuk charger harga mahal pasti ada garansi beberapa tahun.

Garansi tersebut lah yang sangat penting, mungkin saja toko lain lebih murah tapi tidak memiliki garansi jika barang rusak, malah nanti akan merepotkan. Harga yang tinggi dengan garansi 2 atau 3 tahun sudah sangat membantu jika ada kerusakan.

2. Khusus Kepala dan Kabel Charger, Jangan Percaya Harga Murah

Apabila membeli charger baru, lebih baik kamu jangan percaya dengan cas yang berpenampilan bagus tetapi harganya murah, pasti kualitas dan bahan yang digunakan berbeda walaupun bentuknya sama.

Harga biasanya berbanding lurus dengan kualitas yang didapatkan, jadi mungkin khusus untuk charger dan baterai belilah dengan harga yang lebih tinggi dimana barang tersebut mendapatkan banyak feedback atau testimoni positif. Rentang harga charger yang bagus dan terjangkau antara 100 ribu - 300 ribuan dan itupun pada merk official, lebih tinggi dari itu juga banyak yang pastinya kualitas lebih baik.

3. Cek Teknologi Pengisian Daya

Hal yang harus kamu perhatikan berikutnya yaitu melihat fitur dan teknologi pengisian daya nya misalnya VOOC, Quick Charge, Super Charge, Adaptive Fast Charging dan lainlain. Saran saja, samakan fitur yang digunakan smartphone dan cas yang akan dibeli, misalnya smartphone menggunakan fitur Quick Charge, maka lebih baik cari cas dengan fitur Quick Charge juga.

4. Antara Kualitas dan Tanpa Kabel

Permasalahan pasaran sekarang tentang Charger yang dijual itu ada yang sudah disertai kabel dan ada juga yang hanya kepala charger saja. Keduanya sama baik, tetapi lebih baik beli chargernya sendiri dan kabelnya sendiri, jadi kita bisa melihat dengan detail kualitas kabel tersebut.

Untuk tipe kabel koneksi ada tipe-C, tipe Micro USB, Mini USB, dan sebagainya yang harus disamakan dengan smartphone. Yang paling penting adalah melihat bahan yang digunakan pada kabel tersebut, pilihlah bahan yang lentur dan tidak mudah retak. Kabel yang mahal biasanya sudah dijamin dengan label "anti crak" atau anti retak.

5. Keterangan Pada Adaptor Charger

Terakhir sangat penting juga untuk membaca keterangan adaptor Charger, karena setiap kepala cas akan memiliki keterangan tegangan, input dan output daya yang berbeda-beda. Perlu kamu tau kalau pengisian daya memiliki tiga hal penting yaitu daya atau power dengan simbol P diukur dalam Watt, kemudian arus dengan simbol I diukur dalam amp atau milimeter, dan kemudian tegangan dengan simbol V diukur dalam volt.

Rumus persamaan yang bisa digunakan yaitu P = IV dimana artinya daya adalah hasil kali dari arus dan tegangan.

Adapun soal keterangan input yaitu tegangan listrik yang bekerja pada charger tersebut misalnya 100-240V yang artinya charger bisa digunakan pada tegangan tersebut serta. Kemudian untuk output yaitu besaran daya yang keluar dari charge dan masuk kedalam ponsel misalnya keterangan Output 5.0V, 2.1 A maka daya yang dihasilkan charger tersebut memiliki tegangan 5 Volt dan arus sebesar 2 Ampere.

Ingat, jangan beli charger tanpa keterangan-keterangan tersebut. Cara terbaik memilih charger pada hal ini yaitu dengan menyamakan keterangan input oputput charger yang baru dengan charger yang lama.

Cara Terbaik Memilih Charger Yang Bagus

Terakhir mungkin akan muncul pertanyaan, yang mana cara terbaik ketika akan membeli charger baru ? Jawaban arunapasman jelas beli langsung dari official store dan cari tipe ponsel kamu, maka akan muncul charger yang direkomendasikan.

Ya, arunapasman tau kalau harganya pasti jauh lebih mahal daripada store pada umumnya, tapi di official store kamu akan dapat garansi yang panjang, dan jika charger rusak pada masa garansi pastinya akan diganti dengan charger sama yang baru. Dan juga yang paling penting ada jaminan cocok dengan ponsel yang kamu gunakan.