Langkah dan Cara Mengatasi Wi-Fi yang Koneksinya Bermasalah

Seperti yang kita tau kalau Koneksi internet Wi-Fi saat ini menjadi sebuah perangkat yang penting untuk melakukan aktivitas dari rumah mulai dari tugas sekolah hingga tugas kerja. Dan tentu dengan perangkat seperti ini Pastinya koneksi dari wifi tidak terlepas dari adanya trouble meskipun tidak selalu.

Kalau kita hitung-hitung secara pengeluaran dan apa yang didapatkan maka Menggunakan koneksi Wi-Fi dari ISP internet kabel rasanya menjadi pilihan ter ekonomis mengingat membayar sebulan sekali dan bisa digunakan sekeluarga penuh tanpa batasan, daripada menggunakan tethering ke jaringan seluler maka perhitungan cost perbulan perorang bisa lebih mahal.

Nah, karena namanya juga perangkat elektronik dan berbasis pengguna tentu saja kadang Wi-Fi pun pasti mengalami masalah, dan ini adalah hal yang sangat wajar, maka dari itu mungkin kamu bisa mencoba tips mengatasi Wifi jika terjadi masalah atau troubel berikut ini.

Cara Mengatasi Wi-Fi yang Koneksinya Bermasalah

Langkah dan Cara Mengatasi Wi-Fi yang Koneksinya Bermasalah

Coba Lakukan Analisis Masalah Yang Mungkin Muncul

Pertama kali kamu harus mengidentifikasi penyebab spesifik dari terjadinya masalah si Wi-Fi karena memang bisa jadi bukan hanya internet putus, mungkin kecepatan turun karena Fair Usage Policy (FUP) ataupun kabel rusak karena pengerat.

Untuk memeriksa kecepatan Wi-fi kamu bisa menggunakan Speedtest.net dan situs sejenis. Apabila hasil kecepatan transmisi data ternyata bagus hanya di dekat router dan lemah di ruangan lainnya selanjutnya kamu harus menganalisis kekuatan jaringan Wi-Fi.

Mengukur kekuatan sinyal jaringan Wi-Fi bisa menggunakan berbagai aplikasi dengan fungsi sejenis, tinggal cari saja dengan kata kunci "wi-fi analyzer" kemudian download dan install aplikasi tersebut.

Kemudian Coba Posisikan Antena Dan Coba Kembali

Jika pada ruangan yang kamu inginkan ternyata kualitas jaringan Wi-Fi masih drop maka kamu bisa mengatur ulang posisi router atau sudut antena untuk langsung mengarah ke ruangan tersebut.

Arah router dan posisi antena bisa memberikan pengaruh besar dan sangat disarankan untuk mencoba posisi antena router tegak yang kata orang merupakan posisi terbaik karena router Wi-Fi mendapatkan jangkauan horizontal terluas.

Perlu kamu tau ada perangkat yang juga bisa menghalangi koneksi Wi-Fi seperti microwave yang beroperasi pada 2,4 GHz atau perangkat dengan jalur yang sama karena akan berebut frekuensi.

Cobalah Untuk Lakukan Konfigurasi Ulang Saluran

Cara kerja akses internet Wi-Fi menggunakan lajur serangkaian pita sempit dari spektrum radio yang yang biasa kita kenal dengan nama saluran. Permasalahannya pita saluran 2,4GHz bisa saja tersumbat oleh jaringan atau perangkat lain.

Ketika setiap kali melakukan reboot atau restart pada waktu yang dijadwalkan maka router tersebut akan memilih saluran yang bebas dari hambatan. Pada umumnya router bisa melakukan perintah ini dengan baik tetapi yang namanya mesin dan rangkaian teknologi bisa saja mengalami kendala.

Jika begitu kamu bisa mencoba mengkonfigurasi router kembali untuk mencari saluran macet lebih sering dari intensitas biasanya. Apabila kamu bisa mengatur dengan cara manual tentu lebih baik tetapi jika tidak mengerti jangan asal mencoba.

Mungkin Coba Ganti Jalur Pita Frekuensi

Sekarang ini teknologi router mendukung juga pita 5-GHz atau pada beberapa seri ada yang menggunakan beberapa pita sekaligus. Untuk versi router modern standar yaitu 802.11ac atau sering disebut Wi-Fi 5. Dan mungkin kedepannya akan ada perkembangan teknologi Jalur Pita Frekuensi.

Beralih ke 5GHz bukan cuma menyelesaikan masalah tetapi juga memiliki kelemahan dimana jika kita beralih ke frekuensi lebih tinggi maka sinyal akan berkurang lebih cepat. Jadi mudahnya 5GHz memiliki kecepatan lebih tinggi tapi jangkauan jaraknya lebih sempit.

Mengganti jalur pita frekuensi bisa dilakukan jika hanya kamu bekerja ata menggunakan akses wi-fi tersebut didekat router.

Saran Saja Lebih Baik Gunakan Kabel

Nah, mungkin kamu menggunakan laptop atau komputer ketika dirumah, jika iya akan lebih disarankan untuk menggunakan kabel langsung dari router ke perangkat kamu karena pasti terbebas dari masalah sulit menerima jaringan Wi-Fi.

Hubungkan Dengan Jaringan Mesh

Maksud dari menghubungkan ke jaringan Mesh yaitu menggunakan kit jaringan yang siap-pakai atau titik akses tambahan yang biasa kita sebut dengan repeater. Dengan ini kamu bisa menggunakan pita frekuensi 5GHz dengan kuat di sejumlah ruangan tergantung titik akses penguat tambahan yang digunakan.

Penutup

Ulasan diatas adalah beberapa langkah dan cara awal untuk Mengatasi Wi-Fi yang Koneksinya Bermasalah yang biasa Arunapasman coba lakukan. Semisal ternyata masih belum bisa juga dan koneksi wifinya masih bermasalah, kamu bisa langsung hubungi costumer service dari layanan ISP yang kamu gunakan untuk mendapatkan penangan lanjutan. Semoga bermanfaat.