Cara Menstabilkan Jaringan Internet 4G LTE Lancar Streaming Nonton Film

Cara Menstabilkan Jaringan Internet 4G LTE Lancar Streaming Nonton Film

Kalau kamu pengguna jaringan 4G, Kali ini Arunapasman akan mengulas 3 Cara Menstabilkan Jaringan Internet 4G LTE yang sering dan biasa arunapasman sendiri gunakan Agar Lancar ketika internetan browsing, Streaming dan Main Game game online.

Ya, kita tau kalau 5G telah tiba, tapi tak masalah karena hp yang arunapasman punya keduanya masih mentok dijaringan 4G dan belum ada dana buat ganti ke 5G lagian belum merata juga, jadi lebih cocok kalau dimaksimalkan dulu pakai LTE nya.

Tujuan untuk Menstabilkan Jaringan Internet 4G LTE tentu agar bisa internetan lancar ketika kondisi sinyal naik turun tidak jelas. Caranya sederhana saja, tinggal di lock saja ke jaringan 4G bisa manual atau pakai aplikasi, tapi cek dulu apa benar jaringannya tidak stabil atau memang smartphone kita yang bermasalah.

Permasalahan akan muncul jika tidak distabilkan yaitu main game bisa ngelag atau waktu nonton streaming yutub videonya jadi putus putus nggak nikmat. Maka dari itu arunapasman sering mengunci jaringan ke 4G lte kalau dirasa internetnya putus-putus.

Langkah Mengunci Lock Jaringan Internet di 4G LTE

Cara untuk menstabilkan koneksi 4G di ponsel, yang pasti bisa dilakukan yaitu kita harus menguncinya. Tapi sebelum mengunci jaringan, lebih baik cek dulu kekuatan sinyal 4G nya mendukung atau tidak untuk dikunci, kalau sinyal 4G lemah ya percuma aja dikunci, lebih baik ganti ke H+ atau WCDMA.
 
Cara Cek atau Memeriksa Kekuatan Sinyal 4G di Android

Cara Cek atau Memeriksa Kekuatan Sinyal 4G di Android

Langkah untuk mengetahui seberapa kuat sinyal 4G Lte yang kita dapatkan bisa langsung secara manual dan tidak butuh aplikasi apapun. Sebagai catatan, yang harus kamu jadikan acuan yaitu sinyal cukup kuat tetapi tidak stabil, itu baru bisa masuk ke langkah selanjutnya.

Jadi kalau sinyal tidak stabil tapi jaringan 4G cukup kuat, bisa dipastikan karena pengaruh cuaca atau memang kondisi sekitar ada yang menghalangi jangkauan sinyal ke BTS. Ikuti saja langkah berikut :
  1. Buka pengaturan smartphone Android kamu
  2. Scroll paling bawak ke menu tentang ponsel
  3. Masuk ke informasi status
  4. Kemudian Klik status kartu, Biasanya SIM 1
  5. Cari dan tap menu satuan Decibel Milliwatts
  6. Seharusnya sudah muncul kekuantan sinyalnya
Untuk cek kekuatan sinyal, sebisa mungkin Kartu SIM yang digunakan untuk internetan ada di SIM nomor 1 ya, karena Lock sinyal 4G LTE juga hanya bisa dilakukan untuk SIM nomor 1. Kadang juga ada smartphone yang sim pertamanya bernama SIM 0, jadi pilih yang pertama saja.

Disitu kamu akan melihat satuan dBm dan asu, begini hitungan kekuatan acuannya dari dBm:
  • >-70 dBM Sangat Kuat
  • -70 hingga -85 dBM Bagus
  • -86 hingga -100 dBm Kurang Bagus
  • <-100 dBM Lemah
  • -110 dBM Tidak ada Sinyal
Kamu bisa menstabilkan jaringan 4G dengan menlocknya jika kekuatan sinyal berada di kurang bagus atau bagus tapi tidak stabil, kalau kekuatan lemah lebih baik pakai H+ atau WCDMA saja, sebentar lagi WCDMA akan hilang, jadi ketika WCDMA sudah dihapus, otomatis jaringan akan berada di 4G LTE saja.

Cek Kembali dengan Mode Pesawat / Airplane Mode

Cek Kembali dengan Mode Pesawat / Airplane Mode

Sinyal 4G bisa saja tidak stabil karena masih tertaut ke BTS yang sebelumnya kamu lewati tapi belum perpindah tertaut ke BTS terdekat di tempat kamu berada, jika demikian kamu hanya perlu ganti IP nya atau menautkannya ke jaringan BTS terdekat dengan fitur mode pesawat.

Aktifkan sana airplane mode atau mode pesawat selama 1 menitan kemudian hidupkan lagi agar memancing kekuatan sinyal 4G pada jaringan BTS terdekat, cara ini bertujuan agar smartphone mencari jaringan baru.

Tapi jika kekuatan jaringan tetap sama kurang bagus berada di range -86 hingga -100 dBm, lebih baik gunakan cara lock jaringan saja.

Aktifkan Mode 4G Only atau LTE Only

Aktifkan Mode 4G Only atau LTE Only

Cara menstabilkan jaringan 4G sepertinya hanya satu cara, karena cara dan trik lain yang sudah mas aji coba tidak se efektif cara menlock jaringan ini, langkah melakukannya bisa dengan cara manual, biasanya pada beberapa merk hp memang sudah memiliki fitur 4G only pada pengaturan jaringan.

Tapi sebagian besar malahan cuma ada pengaturan otomatis / 4G prefered yang artinya jika mungkin akses ke 4G maka akan menggunakan jaringan tersebut, dan jika tidak memungkinkan maka jaringan akan diturunkan.

Kalau memang di pengaturan jaringan tidak ada mode 4G Only tinggal gunakan cara dial manual saja. Tapi perlu kamu tau kalau jaringan dikunci pada mode only 4G LTE, kamu tidak akan bisa menerima dan melakukan panggilan selluler.
  1. Caranya masuk saja ke menu dial pad dan ketik *#*#4636#*#*
  2. Kemudian panggil, dan akan muncul halaman jaringan
  3. Ubah pada setting jaringan seluler dan cari 4G LTE Only / LTE Only / 4G Only tergantung ponsel kamu pakai yang mana
  4. Mengunci ke jaringan 4G LTE akan menyebabkan kamu tidak bisa melakukan panggilan telpon.
  5. Jadi Setelah mengunci jaringan, kalau kamu ingin melakukan panggilan seluler maka harus mengembalikan ke jaringan WCDMA / 3G terlebih dahulu
Tapi Arunapasman juga pernah menjumpai kalau ada smartphone yang tidak bisa menggunakan metode dial number tersebut untuk masuk ke pengaturan informasi jaringan dan mengunci 4G secara manual, kalau begitu gunakan saja aplikasi yang bisa di download dari Play Store.

Mengunci Jaringan Internet 4G Menggunakan Aplikasi

Mengunci Jaringan Internet 4G Menggunakan Aplikasi

Daripada repot-repot melakukan dial setiap akan mengunci jaringan ke 4G Only, lebih mudah dengan menggunakan aplikasi yang tinggal download saja dan hasilnya bisa menstabilkan jaringan 4G pada smartphone android.

Caranya sangat mudah, Pastikan dulu kartu SIM yang buat internetan ada di SIM 1 ya, setelah itu baru ikuti langkah berikut :
  • Download dan Install aplikasi 4G LTE Only dari Google Play Store pada saja
  • Buka aplikasi tersebut
  • Tap pada menu device information
  • Kemudian cari LTE Only saja
  • Pengaturan akan direset setiap restart, jadi setelah ponsel kamu dimatikan, lakukan pengaturan jaringan 4G lagi
Tujuan dari beberapa cara diatas yaitu untuk menstabilkan jaringan 4G di Android ketika sinyal naik turun ataupun 4Gnya tidak stabil bergonta-ganti dengan 3G. Arunapasman sering sih pakai cara ini kalau butuh jaringan 4G yang stabil, kalau bingung mengembalikasi setelan awal ya tinggal matikan dan hidupkan smartphone lagi saja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.