Cara Menghubungkan Komputer atau Laptop Ke Koneksi Internet Hp Smartphone

Cara Menghubungkan Komputer atau Laptop Ke Koneksi Internet Hp Smartphone

Menurut Arunapasman sendiri, sepertinya Cara Menghubungkan Komputer atau Laptop Ke Internet Hp Smartphone menjadi metode yang paling mudah saat ini agar perangkat komputasi kita bisa terhubung online dengan murah dan fleksibel.

Ponsel smartphone di masa sekarang ketika ulasan ini ditulis hampir semuanya pasti terhubung dengan internet, maka dari itu daripada repot-repot berlangganan internet kabel, rasanya lebih mudah dan murah jika menggunakan hp untuk bisa terhubung ke jaringan internet.

Fitur HP smartphone yang bemberikan akses internet agar laptop atau komputer bisa terhubung ini bernama Tethering atau Hotspot pribadi dimana berfungsi untuk berbagi koneksi seluler melalui hotspot atau dengan kata lain ponsel kita menjadi akses poin.

Menghubungkan Komputer Laptop ke Internet HP Smartphone

Menghubungkan Komputer Laptop ke Internet HP Smartphone

Nah, berikut ini arunapasman akan mengulas caranya menghubungkan komputer atau laptop ke internet hp smartphone dengan mudah, tapi tentu ada beberapa syarat perlengkapan yang harus ada agar bisa terkoneksi dengan lancar.

1. Untuk Pengguna Komputer / PC

Pertama untuk pengguna desktop PC atau komputer harus sudah menggunakan DOngle atau Wi-fi Receivier untuk bisa menerima koneksi yang dibagikan dari hp smartphone, sebagian umum motherboard PC memang jarang yang sudah built In dengan Wifi Receivier dan hanya seri tinggi saja.

2. Pengguna Laptop

Tapi beda cerita untuk pengguna laptop, karena di laptop sudah langsung build in dengan penerima koneksi Wifi. Jadi tinggal digunakan saja. Kamu cari saja key atau tombol untuk mengaktifkan Wifi Receivier atau bisa lewat langsung sistem operasi.

3. HP / Smartphone 4G ke atas

Khusus smartphone yang digunakan, lebih baik sudah mengcover jaringan 4G LTE atau jaringan keatasnya seperti 4G+ dan sebagainya agar bisa mendapatkan kecepatan yang bagus. Sekarang juga sudah masuk era smartphone jaringan 5G, semakin kuat jaringannya maka semakin cepat juga internetnya.

4. Kartu SIM sudah Terisi Paket Data

Untuk bisa terhubung dengan internet menggunakan hp atau smartphone maka ponsel tersebut harus sudah memiliki kartu SIM dengan paket data yang aktif, jangan lupa gunakan operator yang paling kuat jaringannya di lokasi kamu berada agar akses internet tidak terputus-putus.

Cara Menghubungkan Komputer Laptop Ke Internet Hp

Cara Menghubungkan Komputer Laptop Ke Internet Hp

Berikutnya masuk ke cara menghubungkan komputer atau laptop ke koneksi hotspot internet dari hp smartphone, mulailah dengan mengatur akses Tethering dari smartphone.

Atur Akses Hotspot Pribadi / Portabel
  1.  Buka menu pengaturan ponsel
  2. Cari dan tap pengaturan Hotspot portabel, bisa juga berada di pengaturan Wi-fi
  3. Atur Hotspot portabel dari nama dan paswoord
  4. Gunakan SSID (username hotspot) dan sandi yang mudah di ingat
  5. Hidupkan internet pada ponsel
  6. Kemudian aktifkan Hotspot portabel
Setelah mengatur Hotspot Pribadi pada smartphone, dan tethering tersebut sudah aktif maka letakkan saja ponsel dengan komputer atau laptop dan beralih ke perangkat komputasi.

Menghubungkan Komputer ke Internet Hotspot HP

Untuk pengguna komputer maka langkah pertama kali harus menginstall dongle atau wifi receivier pada port USB.
  1. Hidupkan PC
  2. Tancapkan DOngle / Wifi Receivier pada port USB
  3. Gunakan port USB tertinggi pada komputer misalnya di USB 3.1 keatas
  4. Install Dongle tersebut, biasanya akan langsung terinstal tanpa driver tambahan
  5. Jika sudah terinstall, cek dibagian kanan bawah layar komputer
  6. Klik pada network notification
  7. Pilih Hotspot Pribadi yang sudah aktif tadi
  8. Masukkan Password
  9. Tunggu sebentar dan harus nya sudah terhubung dengan tanda berubahnya network notification seperti pagar dari kecil hingga tinggi
  10. Kalau muncul pilihan jaringan, disarankan pakai Private Network, walaupun tidak masalah jika pilih Public Network
Setelah itu tinggal coba saja untuk internetan dengan browser atau software yang terhubung internet.

Menghubungkan Laptop ke Internet Hotspot HP

Menghubungkan Laptop ke Internet Hotspot HP

Karena pada laptop sudah ada penerima wifinya maka tinggal mengaktifkannya saja lewat tombol pada keyboard.
  1. Hidupkan Laptop
  2. Aktifkan Wi-fi, biasanya ada di tombol f12 hingga lampu kecil menyala
  3. Namun di laptop keluaran terbaru, wifinya otomatis aktif dan di tombol f11 atau f12 hanya ada mode pesawat
  4. Cek dibagian kanan bawah layar laptop
  5. Klik pada network notification
  6. Pilih Hotspot Pribadi yang sudah aktif tadi
  7. Masukkan Password
  8. Tunggu sebentar dan harus nya sudah terhubung dengan tanda berubahnya network notification seperti pagar dari kecil hingga tinggi
  9. Kalau muncul pilihan jaringan, disarankan pakai Private Network, walaupun tidak masalah jika pilih Public Network
Sampai di sini seharusnya komputer atau laptop kamu sudah berhasil terhubung dengan akses internet dari hp smartphone, kalau masih gagal dan tidak terhubung pastikan hotspot portabel tadi sudah menyala dan aktif kemudian pastikan juga password yang dimasukkan sudah benar.

Penutup

Itulah cara Cara Menghubungkan Komputer atau Laptop Ke Internet Hp Smartphone yang sangat mudah dan murah tanpa langganan internet kabel, bisa menggunakan Android dengan cara setting diatas ataupun dengan Ios yang secara garis besar cara mensetting Hotspot Portable nya hampir sama.

Kelebihan menggunakan akses internet Tethering dari hp smartphone yaitu harga paketnya lebih murah dan lebih mudah untuk mobilitas jika menggunakan laptop, jika menggunakan PC komputer maka kita tidak perlu repor-repot dengan menata kabel dan hanya butuh dongle yang ukurannya sangat kecil serta ringkas. Semoga bermanfaat.