Cara Mengatasi Ponsel HP Smartphone yang Basah Karena Hujan

Cara Mengatasi Ponsel HP Smartphone yang Basah Karena Hujan

Arunapasman.com – Hujan di wilayah Indonesia khususnya pulau jawa tidak selalu bisa diprediksi, maka dari itu jika kamu tiba tiba kehujanan dan belum sempat mengamankan ponsel, ada beberapa langkah yang bisa dicoba untuk Cara menangani HP / Smartphone yang Basah Karena Hujan atau kehujanan.

Siapa bisa memprediksi ketika dijalan langsung turun hujan lebat yang datang tiba-tiba, ketika itu mungkin saja tidak sempat mengamankan atau menyimpan ponsel smartphone, dan akhirnya menjadi basah kuyup, apalagi sedang berada dijalan yang tidak ada tempat berteduh.

Ponsel atau Smartphone yang kita gunakan merupakan rangkaian dari perangkat elektronik dengan komponen-komponen di dalamnya yang sangat sensitif terhadap air apalagi air hujan itu mengandung asam dan garam tergantung dari wilayahnya. Apabila smartphone jadi basah karena hujan, itu belum tentu akan langsung merusak smartphone, bisa juga tergantung dari langkah pertama yang kamu lakukan.

Cara Mengatasi Ponsel Smartphone yang Basah Kehujanan

Cara Mengatasi Ponsel Smartphone yang Basah Kehujanan

Paling tidak ada enam langkah penanganan dan pertimbangan yang bisa arunapasman rangkum untuk kamu coba ketika mengalami kondisi hp yang basah karena kehujanan dijalan.

Segera Matikan Ponsel Smartphone

Langkah pertama jika kamu sadar kehujanan dijalan maka menepilah untuk sebentar dan matikan segera mungkin smartphone kamu atau semua perangkat elektronik yang dibawa dan kalau ada plastik maka bungkus smartphone tersebut.

Tujuannya sederhana yaitu untuk menghindari konflik arus listrik terhadap air yang menyebabkan konsleting. Kalau memang kondisi daerah kamu sering hujan, maka sangat disarankan untuk membeli tempat atau dompet gadget yang anti air jadi kalau hujan tinggal masukkan saja ponsel ke bag waterproff tersebut.

Kalaupun smartphone yang kamu gunakan sudah menggunakan baterai tanam, tindakan ini bisa mengurangi resiko yang akan muncul.

Bersihkan Bagian Luar Smartphone dari Air Hujan

Setelah sampai rumah atau dapat tempat meneduh yang nyaman maka sangat disarankan untuk segera membasuh atau mengelap smartphone kamu dari air yang ada disemua permukaan.

Semakin cepat kamu membersihkan air hujan yang ada maka akansemakin sedikit pula potensi kerusakan smartphone yang terjadi karena hampir semua komponen sangat sensitif terhadap air.

Jika tiba-tiba terjadi hujan lebat, lebih baik segera cari tempat berteduh yang nyaman dan segera amankan smartphone dengan mengelapnya atau membungkusnya dengan plastik, jangan biarkan kehujanan dalam waktu yang lama.

Segera Lepaskan Baterai

Inti daya smartphone yang menggunakan baterai lepas maka segeralah melepaskan baterai tersebut agar tidak terjadi konslet, dan jika smartphone kamu masih menggunakan ponsel dengan case terpisah maka cepat cepat lepas case dan baterai agar meminimalisir masuknya air.

Tapi untuk model smartphone sekarang yang menggunakan baterai tanam pasti tidak mungkin untuk mencopot baterainya ketika dijalan, dan lakukan saja ketika sampai rumah jika memang kamu bisa dan terbiasa melepas baterainya.

Tapi kalau tidak bisa dan kamu pengguna smartphone biasa, maka bersihkan air yang ada di semua sisi smartphone, sebagai catatan jangan pernah hidupkan ponsel dahulu.

Lepas SIM Card dari Smartphone

Berikutnya segera lepaskan SIM card dari smartphone, karena bagaimana juga SIM Card ini merupakan komponen elektronik yang lebih kompleks. Lepas dan keringkan Sim Card dan kalau ada Micro SD maka lakukan juga hal yang sama.

Hilangkan Lembab Yang Ada dengan Pengering

Langkah berikutnya kamu harus menghilangkan atau mengurangi kelembaban yang ada dengan menggoyangkan smartphone secara perlahan agar kelembaban di permukaan bisa berkurang, syukur syukur kalau air keluar lewat celah-celah case.

Berikutnya ambil kain bersih untuk mengelap bagian-bagian smartphone yang masih terasa lembab terutama dibagian depan. Atau kamu juga bisa gunakan pengering rambut untuk menghilangkan lembab di sisi sisi smartphone.

Diamkan Smartphone 1-2 Hari

Kalau smartphone kamu hanya sedikit terkena hujan maka tidak perlu mendiamkannya selama berhari hari, tapi kalau smartphone kamu terendam air atau basah kuyup karena kehujanan maka setelah melakukan beberapa langkah diatas, diamkanlah smartphone selama 1-2 hari di tempat yang kering.

Ada beberapa saran dari teman-teman yang sudah pernah mengalami smartphone basah karena hujan yaitu dengan merendamnya ke dalam tumpukan beras mentah, meskipun rasanya agak kurang cocok, tapi cara ini cukup efektif untuk mengeringkan lembab yang ada.

Atau kamu bisa mengeringkan ponsel dengan hairdryer secara berkala mungkin semalam 3 kali dan lakukan kira-kira 2 malam. Setelah itu barulah hidupkan kembali smartphone milikmu untuk memeriksa apakah langkah diatas berfungsi dengan baik atau tidak.

Bawa Ke Tempat Service

Jika langkah-langkah diatas tidak menghasilkan apapun, mungkin smartphone kamu sudah terlanjur konslet karena masih hidup ketika basah kuyup. Dan jika memang terjadi kondisi demikian maka tidak ada jalan lain kecuali membawa smartphone kamu ke tempat service untuk diperbaiki.

Pertimbangkan Smartphone Tahan Air

Untuk berikutnya kamu bisa menabung untuk membeli ponsel baru yang lebih keren, dan juga jika kamu sering kehujanan maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan beli smartphone yang tahan dari air atau waterproof.

Okelah memang harganya mahal, tapi disisi lain memang fitur anti air ini tidak ada yang murah, mengingat kerusakan karena ponsel terendam air hampir tidak mungkin terjadi. Lagipula ponsel yang sudah tahan air pasti komponen didalamnya juga dibuat lebih tahan terhadap goncangan, jadi tidak ada salahnya jadi pertimbangan.

Mungkin sampai disini dulu ulasan dari arunapasman tentang cara dan langkah mengatasi serta menangani smartphone yang basah kuyup karena air hujan, jadi kalau kamu mengalami kondisi seperti ini segeralah lakukan poin pertama kedua dan ketiga jika memungkinkan untuk meminimalisir kerusakan ponsel. Semoga bermanfaat.