Cara MemBlokir Nomor Tidak Dikenal pada Android Tanpa Aplikasi

Cara MemBlokir Nomor Tidak Dikenal pada Android Tanpa Aplikasi

Arunapasman.com – Secara umum ada beberapa Cara untuk mem Blokir Nomor HP / Telpon Tak Dikenal yang mengganggu di Smartphone Android Dengan atau langsung Tanpa Aplikasi yang bisa kamu lakukan sendiri.

Seperti yang kita tau dengan seiring berkembangnya teknologi termasuk disisi telpon menelpon untuk terhubung dengan orang lain, ada juga sisi negatifnya seperti seringnya dihubungi nomor yang tidak terkenal imbas dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Kejadian Nomor tak dikenal seperti ini tidak bisa dihindari, mungkin memang karena pengganggu tersebut iseng atau ingin mendapatkan keuntungan sendiri dari menelpon secara kontinue atau terus menerus, kalau belakangan ini marak terjadi telepon dari kerabat yang berpura-pura mengaku kecelakaan atau memberitaukan kalau menang hadiah.

Sudah pasti kita sebagai pemilik nomor pasti sangat terganggu dan membuat khawatir karena bisa jadi dan seringnya pas kerabat yang dimaksud sedang tidak di rumah dan tidak bisa dihubungi, jadi tidak sedikit pula orang yang tertipu.

Maka dari itu hanya ada satu cara untuk menghindari telepon iseng seperti ini yaitu dengan langsung memblokir nomor hp tersebut kalau sudah terkesan gelagat yang mencurigakan, apalagi dikhawatirkan kalau ada tindakan hipnotis dan sebagainya.

Cara Blokir Nomor HP yang Mengganggu di Android

Cara Blokir Nomor HP yang Mengganggu di Android

Jika kamu tidak ingin menjadi yang tertipu dari telepon seperti itu, maka Arunapasman sarankan untuk segera memblokirnya langsung dari menu yang sudah ada di smartphone tanpa harus menggunakan aplikasi dengan cara berikut ini.

1. Blokir Langsung Melalui Menu Kontak

Pertama bisa langsung memblokir nomor hp yang mengganggu tersebut lewat menu kontak pada smartphone android dengan cara simpan dulu nomor tersebut dan berinama misal "nomor tidak dikenal" kemudian cari dan tap opsi block number pada nomor tersebut.

Cara memblokir lewat kontak ini berbeda dibeberapa brand smartphone, ada yang harus disimpan dulu baru muncul pilihan blokir atau ada juga yang langsung masuk ke pilihan blokir tanpa harus menyimpan dulu, keduanya sama saja tingga sesuaikan dengan ponsel yang kamu gunakan.

2. Blokir Langsung dari Riwayat Panggilan

Cara berikutnya bisa blokir nomor hp tersebut langsung melalui riwayat panggilan jadi tidak usah menyimpannya terlebih dahulu. Tinggal buka saja menu panggilan, kemudian buka riwayat dan klik nomor yang tersebut kemudian tap opsi block number, maka dengan otomatis nomor tersebut akan langsung terblokir dan tidak akan bisa menghubungi nomor kamu lagi.

3. Jangan Lupa Blokir Juga Pada Pesan atau Message

Berikutnya jangan lupa dan Arunapasman sangat sarankan untuk memblokir juga lewat menu Messages atau Pesan agar tidak terjadi si nomor tersebut mengirimi pesan dengan isi yang aneh-aneh. Menu ini biasanya ada juga di menu sebelumnya karena ketika blokir lewat panggilan akan muncul juga opsi untuk blokir pesannya.

Atau bisa dilakukan manual seperti cara kedua yaitu buka menu panggilan lalu menuju nomor hp yang ingin kamu blokir kemudian pilih kirim pesan yang membukakan halaman menu pesan kemudian lihat pada pojok kanan atas dan pilih block number.

Atau mungkin kamu merasa terganggu karena nomor tersebut sudah berani juga mengirim pesan, tinggal buka pesan tersebut dan klim menu pada kanan atas kemudian pilih blok number, memang sekarang gangguan ini sangat berani-berani jadi kalau bisa blok langsung dari pangilan, pesan dan aplikasi perpesanan.

Cara Blokir Nomor HP Tak Dikenal di Smartphone Android dengan Aplikasi

Cara Blokir Nomor HP Tak Dikenal di Smartphone Android dengan Aplikasi

Kalau tadi ketiga cara pertama adalah cara blokir nomor hp tak dikenal yang mengganggu langsung dari menu ponsel maka berikutnya adalah cara untuk memblokirnya dengan menggunakan aplikasi. Ada beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan.

1. Pakai Aplikasi Calls Blacklist

Mungkin menggunakan aplikasi bernama Calls Blacklist cukup direkomendasikan karena ukurannya yang kecil dan cara kerjanya yang simpel. Unduh dari Playstore dan tinggal install saja.

Berikutnya Aplikasi Calls Blacklist akan meminta izin untuk mengalihkan peraturan mesin telepon menggunakan aplikasi ini dan tinggal klik OK saja. Cara memblokir nomor hp tak dikenal juga mudah tingg klik simbol + pada sudut kanan bawah dan pilih saja darimana akan memblokirnya.

Pilih opsi from calls log jika nomor yang akan diblokir belum tersimpan, kemudian pilih nomor dan centang dan langsung akan terblokir.

2. Gunakan Aplikasi Call Control Call Blocker

Berikutnya kamu juga bisa coba aplikasi Call Control dari Call Control, ukuran aplikasi ini lumayan besar ada di 11 MB saja tinggal unduh dan install aplikasi tersebut kemudian berikan ijin untuk pengalihan aplikasi telepon yang digunakan dan tinggal ikuti saja step-by-step yang mudah untuk memblokir nomor tak dikenal.

3. Aplikasi AntiNuisance Call Blocker and SMS Blocker

Ada juga aplikasi AntiNuisance yang bisa kamu gunakan untuk memblokir nomor telepon dari panggilan atau sms yang tak di inginkan, cara kerjanya sama saja dengan aplikasi Calls Blacklist lainnya. Ukuran aplikasi ini sangat kecil hanya kurang dari 3MB saja, dan juga ada kelebihan lain dari fiturnya yaitu Do Not Disturb atau DND untuk menjadwal kapan kamu tidak bisa dihubungi jika memang sedang dalam keadaan yang sibuk.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika memang sudah ada indikasi panggilan dari nomor tak dikenal yang mengganggu karena selalu telepon atau sms di waktu-waktu tertentu secara berkelanjutan.

Kalau Arunapasman sih lebih milih untuk memblokirnya secara langsung lewat riwayat telepon dan ditambah blokir pesan biar komplit. Tapi kalau kamu lebih suka pakai aplikasi yang all in one juga tidak masalah karena pada dasarnya sama saja dengan aksi manual. Semoga bermanfaat.