Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Minuman Yang Sebaiknya di Hindari Saat Sahur

Minuman Yang Sebaiknya di Hindari Saat Sahur

Arunapasman.com - Ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari ketika sahur karena nantinya bisa menimbulkan efek dehidrasi lebih besar di siang hari.

Ketika bulan puasa imunitas atau kekebalan tubuh harus tetap terjaga dan karenanya minuman yang kita konsumsi perlu lebih diperhatikan agar pasokan air yang tersedia bisa tetap dalam keadaan baik.

Perlu diketahui ada varian minuman yang memang lebih baik dihindari guna mencegah dehidrasi dan membantu pencernaan bekerja lebih ringan sepanjang hari.

Minuman Yang Baik di Hindari Ketika Sahur


1. Minuman berenergi

Pertama mungkin jangan minum minuman berenergi ketika sahur karena minuman ini masih dipertanyakan keamanannya untuk masa sahur mengingat banyak mengandung bahan kafein dengan dosis berbeda-beda dimana efeknya bisa merangsang fungsi otak dan meningkatkan kewaspadaan.

Alih-alih semangat sepanjang hari justru sebagian orang sering mengalami masalah jantung yang berdebar-debar akibat kebanyakan kafein dan ada juga yang merasa lebih haus ketika masuk ke siang hari.

2. Kopi

Kemudian kopi juga tida dianjurkan ketika sahur karena di siang hari kopi bisa membuat seseorang jadi lebih sering buang air kecil dan tentu hal ini bertolak belakang dengan keharusan tubuh yang menjaga kondisi pasokan air.

3. Teh

Minum teh saat sahur memang sangat nikmat, tapi tidak disarankan untuk meminum teh dalam jumlah banyak karena memiliki efek seperti kopi yaitu bisa buat lebih sering buang air kecil.

Apalagi teh memiliki kemampuan untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh lewat urine, gunakan sebagai penghangat saja ketika bangun tidur.

4. Minuman Instan Aneka Rasa

Selanjutnya lebih baik jangan minum minuman instan berbagai rasa karena mengandung gula yang tinggi, mengingat konsep puasa dimana glukosa tubuh yang disimpan di hati dan otot akan menjadi sumber energi utama tubuh.

Kemudian pasokan glukosa tersebut akan digunakan digunakan pertama kali untuk menyediakan energi dan ketika siang hari setelah simpanan glukosa habis barulah lemak yang dibakar jadi sumber energi selanjutnya, maka lebih baik jangan konsumsi gula berlebihan ketika sahur dan jangan khawatir kekurangan energi.