Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Hemat Kuota Internet Ketika WFH

Tips Hemat Kuota Internet Ketika WFH

Arunapasman.com - Work from home tentu membutukan banyak kuota dan karenanya pemborosan kuota sulit di elakkan, mungkin kamu bisa coba tips hemat kuota internet ketika masa WFH.

Seperti yang kita tau bahwa Work from home bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona yang mengharuskan kita bekerja di rumah saja dengan media berbasis internet.

Jaringan internet yang umum dipakai biasanya menggunakan kabel atau bisa juga dari tethering smartphone, dan berikut ini ada beberapa tips agar hemat kuota ketika bekerja dirumah.

Tips Hemat Kuota Internet Ketika Work From Home


1. Gunakan atau Pasang Wi-Fi Full Tanpa Kuota

Buat kamu yang belajar dan bekerja dirumah, memasang jaringan koneksi WI-FI yang Full tanpa batasan kuota adalah salah satu solusi paling baik dan hemat.

Mungkin terlihat sebulan akan habis biaya 400rb - 500rb tetapi jika dibandingkan dengan kuota internet tethering dari smartphone dengan hitungan 1GB 10ribu an maka WI-FI akan lebih hemat karena bisa dipakai seluruh keluarga. 

Baca juga : Apa itu Jaringan 5G, Kenali Cara Kerja dan Bahayanya

2. Hindari Aktifitas Streaming

Salah satu hiburan kala bosan bekerja atau belajar adalah streaming video yang menyajikan konten menghibur misalnya dari situs streaming YouTube atau platform layanan video lainnya yang menggunakan akses kuota.

Jika kamu menggunakan kuota smartphone pasti akan sangat menguras paketan internet, maka tips poin nomor 1 bisa menjadi pilihan ataupun kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu ketika bertemu dengan jaringan Wifi dan ditonton ketika bosan.

3. Uninstall Aplikasi Tidak Penting yang Memakai Data

Pada smartphone pasti banyak aplikasi dan ada beberapa aplikasi yang jarang dipakai tapi menghabiskan banyak kuota internet, untuk melihatnya buka menu pengaturan kemudian penggunaan data dan cari aplikasi yang paling banyak menggunakan data di latar depan atau di latar belakang.

Jika aplikasi tersebut tidak berguna lebih baik di uninstal atau dihapus saja, tapi jika aplikasi sering digunakan seperti Facebook lebih baik batasi penggunaan datanya.

4. Jangan Main Game dan Media Sosial

Rasa bosan pasti akan muncul ketika belajar atau bekerja dari rumah dan godaan game online atau media sosial pasti menjadi hiburan yang sering digunakan.

Nah sebisa mungkin tahan agar tidak main game dan menggunakan media sosial karena akses kuota internetnya paling besar, kalaupun tak tahan lebih baik jadwalkan saja untuk waktu dan hari tertentu saja bermain game dan medsosnya.

Kalaupun ingin bermain game, cobalah untuk cari paket internet dengan bonus gratisan akses ke game yang kamu mainkan tersebut atau paket dengan gratisan sosmed.

5. Aktifkan Paket Internet Khusus Belajar atau Bekerja Online

Akhir-akhir ini hampir semua operator memberikan pilihan paket internet dengan harga murah untuk akses aplikasi-aplikasi belajar atau aplikasi bekerja terpilih. Dengan mengaktifkan paket tersebut paling tidak bisa sedikit lebih menghemat dari penggunaan kuota utama yang ada.

Penutup Agar Hemat Kuota Internet Ketika WFH


Intinya agar bisa menghemat kuota internet ketika belajar dirumah atau work from home pilihan pertama yaitu pasang akses internet Wi-Fi full unlimited sebulan atau mengaktifkan paket paket khusus akses aplikasi tertentu jika menggunakan koneksi dari tethering ponsel smartphone.