Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Kuota Gratis 50 GB Belajar Dirumah untuk Mahasiswa dan Dosen

Cara Mendapatkan Kuota Gratis 50 GB Belajar Dirumah untuk Mahasiswa dan Dosen

Arunapasman.com - Pada bulan September 2020 kabarnya Kemendikbud akan memberikan subsidi paket internet gratis untuk menunjang pembelajaran jarak jauh atau PJJ untuk mahasiswa sampai dosen walaupun tanggal pastinya belum diketahui.

Subsidi Kuota gratis untuk program PJJ yang akan diberikan oleh Kemendikbud besarannya berbeda-beda, kisarannya seperti berikut:
  • Kuota untuk siswa 35 GB per bulan
  • Kuota untuk guru 42 GB per bulan
  • Kuota untuk mahasiswa 50 GB per bulan
  • Kuota untuk dosen 50 GB per bulan
Cara Mendapatkan Kuota Gratis sampai 50 GB khusus Belajar Dirumah ini caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan nomor HP yang digunakan terlebih dahulu, mengingat kuota ini diberikan secara cuma-cuma.

Baca juga : Cara Mendapatkan Internet Gratis Telkomsel, XL, Indosat, Tri dari Pemerintah untuk Belajar Online.

Tahap tahapnya para siswa hanya harus mendaftarkan nomor ponsel dan Nomor Induk Siswa Nasional NISN kepada guru mereka dan kemudian data nomor hp dan NISN itu akan dimasukkan ke dalam aplikasi Dapodik dan harus ditandatangani oleh kepala sekolah.

Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen ada perbedaan dalam mekanisme pendaftaran yang harus memvalidasi nomor ponsel pada situs Pangkalan Data Dikti (PDDikti) terlebih dahulu.

Nah untuk memverifikasi dan validasi data nomor ponsel khusus mahasiswa dan dosen bisa mengakses situs berikut : https://pddikti.kemdikbud.go.id/kuotainternet.

Mekanismenya nanti bantuan subsidi kuota paket internet gratis ini akan langsung dikirimkan ke nomor ponsel yang sudah didaftarkan pada pangakalan data Dikti, baik untuk mahasiswa dan dosen nanti bisa dapat kuota internet sebesar 50 GB per bulan.

Jika penggunaan kuota mahasiswa atau dosen tidak ada 50GB dalam sebulan maka sisa kuota akan ditambah ke periode bantuan bulan berikutnya tetapi jika penggunaan kuota itu lebih dari 50 GB maka harus menunggu subsidi bulan berikutnya.