Singapura dan Vietnam Mulai Unjuk Gigi Internet 5G

Singapura dan Vietnam Mulai Unjuk Gigi Internet 5G

Arunapasman.com - Singapura dan Vietnam sudah mulai merencanakan untuk mengkomersialkan layanan Internet 5G mulai 2020.

Untuk Indonesia sendiri belum tau kapan akan menggunakan jaringan 5G, yang jelas jika sudah ada manfaat yang bisa didapatkan dari jaringan 5G ini tentunya akan dengan segera diimplementasikan. Hal ini sesuai yang diungkapkan oleh Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika.

Tentu tentang jaringan 5G ini bukan masalah siapa yang lebih dahulu menggunakannya tetapi melihat kebutuhan pasar sekaligus menakar permintaan konsumen.

Perlu kamu tau karena alasan melihat kebutuhan pasar inilah yang membuat pemerintah mendorong proses fiberisasi bagi seluruh operator seluler agar sudah tersedia ketika jaringan 5G sudah siap.

Frekuensi 5G bukan bisa sembarangan digunakan melainkan ditentukan oleh The International Telecommunication Union (ITU), yang membutuhkan kesepakatan konsensus coverage capacity layernya.

Jadi ada tiga jenis frekuensi pada jaringan 5G yaitu mulai dari low kemudian middle sampai super detail. Nah di Indonesia sendiri masih ada beberapa kendala di frekuensi low dan middle layer.

Kendala tersebut adalah sebagian dari frekuensi yang ada oleh operator itu terutama di frekuensi low dan middle masih digunakan oleh operator lain dan sudah dimanfaatkan jauh sebelum munculnya permasalahan rencana implementasi jaringan 5G.

Jadi jika kamu bertannya kapan Indonesia siap dengan jaringan 5G maka jawabannya tinggal menunggu kebutuhan pasar dan ketersediaan jaringan saja, setelah itu barulah 5G bisa di implementasikan.

Pemerintah sudah merencanakan dan menimbang hal ini secara matang sehingga nanti ketika diterapkannya jaringan 5G, Indonesia bukan hanya menjadi sasaran pasar saja.

Sebagai info tambahan negara singapura sudah mulai membangun jaringan 5G tahun 2020 ini dan Singapore Telecommunications atau Singtel akan menggunakan perangkat Ericcson dan StarHub-M1 bekerja sama dengan Nokia.

Kemudian selain singapura, negara Vietnam pun juga akan mulai memasarkan jaringan 5G juga pada tahun ini. Maka dari itu kita tunggu saja kapan jaringan 5G akan melandai di pasar operator Indonesia.