Penjelasan Telkomsel Tentang SMS dari Nomor Tak Dikenal

Penjelasan Telkomsel Tentang SMS dari Nomor Tak Dikenal

Arunapasman.com - Beberapa waktu lalu banyak warganet di platform sosialmedia Twitter yang mengeluhkan sering mendapatkan sms dari nomor tak dikenal.

Pasalnya nomor nomor tidak dikenal yang masuk ke nomor Telkomsel mereka menawarkan bermacam - macam produ mulai dari modal usaha, CCTV, dan bahkan sampai pengumuman undian berhadiah.

Dilansir dari Kompas.com (11/7/2020) Menurut Penjelasan Telkomsel oleh bidang GM External Corporate Communications Telkomsel yaitu Aldin Hasyim memberikan penjelasan bahwa terdapat banyak kemungkinkan tentang pelanggan Telkomsel yang mendapat sms dari nomor tak dikenal tersebut.

Aldin Hasyim juga menjelaskan bahwa Telkomsel tentunya tidak menjual data pelanggan sehingga para pelanggan mendapat sms dari orang tak bertanggungjawab.

Pihak Telkomsel menegaskan memiliki standar dan aturan tentang kerahasiaan nomor pelanggan jadi hampir tidak mungkin terjadi penjualan data pelanggan. Pelanggan Telkomsel yang mendapat pesan atau sms dari nomor tak dikenal mereka pastikan bukan dari Telkomsel.

Banyak sekali cara orang yang tidak bertanggung jawab bisa menemukan nomor nomor pelanggan misalnya hanya dengan mengurutkan nomor-nomor tertentu dan korbannya pun dipilih secara acak.

Pihak Telkomsel juga memberikan penjelasan bahwa nomor-nomor panjang yang melakukan sms promosi bahkan jika ada yang menjurus ke penipuan itu berada di luar tanggung jawab operator.

Aldin juga membarikan peryataan bahwa data pelanggan yang mendapatkan sms takdikenal juga bisa didapat dari hacker yang melakukan hack terhadap suatu website.

Jikapun ada pembobolan data dari dalam tentu tidak dilakukan secara masif tapi hanya oleh oknum tertentu. Tentunya pencurian data seperti ini tidak pernah di ijinkan, tidak diperbolehkan dan tidak dibenarkan karena perusahaan memiliki aturan terkait hal tersebut.

Sms broadcast resmi dari Telkomsel yang diberikan kepada pelanggan pastilah tidak berasal dari nomor-nomor tidak dikenal, salah satu contoh adalah unit bisnis Telkomsel yaitu digital advertising dimana memang memiliki layanan sms broadcast.

Pada umumnya pelanggan yang menyetujui dan berkenan akan mendapatkan sms iklan dari perusahaan yang bekerjasama dengan Telkomsel tetapi untuk hal ini pelanggan Telkomsel akan ditawari terlebih dahulu.

Salah satu contoh perusahaan yang bekerjasama secara resmi dengan Telkomsel diantara lain ada Burger King, Dunkin Donat, Lazada, CFC, dan lain-lain yang memang menggunakan jasa Telkomsel tetapi tetap blast sms tidak dilakukan dengan sembarangan danh harus ada persetujuan dari pelanggan.

Jika anda sebagai pelanggan Telkomsel mendapatkan sms dari orang tak dikenal atau sms spam bisa langsung menghubungi layanan call center Telkomse 24 jam yaitu pada nomor 188.

Atau Anda bisa melakukan cara cara dibawah ini untuk melaporkan sms dari orang tak dikenal atau sms spam bahkan sms penipuan.

1. Anda bisa mengirimkan SMS pengaduan ke 1166 dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN. Sms ke 1166 ini gratis dan tidak dikenakan biaya sama sekali.

2. Anda juga bisa menghubungi asisten virtual di Twitter @telkomsel, LINE, Telegram atau Facebook Messenger Telkomsel (facebook.com/telkomsel).

3. Anda juga bisa mengirim email ke alamat surel cs@telkomsel.co.id

4. Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel, anda dapat melihat halama berikut Waspada Penipuan.