Pabrikan Nokia Sedang Mengejar Ketersediaan Teknologi Open RAN

Pabrikan Nokia Sedang Mengejar Ketersediaan Teknologi Open RAN

Arunapasman.com - Salah satu pabrikan ponsel besar dibeberapa tahun lalu yaitu Nokia saat ini sedang meningkatkan adopsi interface Open RAN (O-RAN) pada portfolio AirScale-nya.

Tujuan dari proses peningkatan portfolio radio access network (RAN) ini untuk memunculkan kemungkinan inovasi open ecosystem dan supply chain telekomunikasi yang kuat serta tetap memastikan kualitas dan keamanan jaringan standar internasional.

Keunggulan teknologi O-RAN yang terbaru dan juga termasuk open interface yaitu akan dibangun diatas software AirScale Nokia yang telah ada.

Sehingga dengan teknologi O-RAN bisa menyediakan performansi yang berkualitas tinggi serta fungsionalitas yang bisa dikembangkan dengan standar keamanan yang kokoh dari produk radio Nokia saat ini.

Nokia yang sekarang sedang menggunakan pendekatan menciptakan open interface diatas solusi yang telah ada tentunya pabrikan ponsel ini juga menyiapkan asitektur jaringan masa depan walaupun nantinya cloud service provider (CSP) akan memilih jalur O-RAN atau tidak.

Rencananya rangkaian awal O-RAN akan tersedia pada tahun 2020 sedangkan untuk rangkaian lengkap O-RAN-defined interface direncanakan akan tersedia pada tahun 2021.

Nokia yang notabene satu-satunya penyedia RAN global yang berkomitmen mengembangkan O-RAN sebagai investasi dan memiliki komitmen kuat terhadap O-RAN untuk meningkatkan kepercayaan CSP kemudian regulator sampai pembuat keputusan politik.

Nokia berenacan mampu memanfaatkan keterbukaan untuk mengamankan supply chain telekomunikasi mereka tanpa harus memikirkan persaingan keamanan infrastruktur 5G.

Saat ini pabrikan nokia sudah melakukan sebuah langkah investasi signifikan dalam O-RAN dengan memimpin penggelaran awal RAN Intelligent Controller (RIC) serta fronthaul terbuka serta nokia juga baru saja mengumumkan portfolio AirScale Cloud RAN generasi selanjutnya.

Karena sekarang Nokia menggunakan bagian software yang sama demgam RAN serta Cloud RAN dan O-RAN maka nantinya pelanggan Nokia akan menggunakan fleksibilitas terbaru untuk mendefinisikan arsitektur jaringannya tanpa mengurangi fitur kualitas dan keamanan jaringan.

Dilansir dari Selular.ID Pihak nokia menyatakan bahwa berkomitmen untuk memimpin masa depan open mobile dengan berinvestasi pada solusi Open RAN dan Cloud RAN dengan tujuan menghadirkan ekosistem telekomunikasi yang kokoh dengan kualitas jaringan dan keamanan yang kuat.

Dari solusi invesatari pada teknologi Cloud RAN kedepannya Nokia akan memimpin pasar dan terus berkembang menjadi sebuah arsitektur cloud-native dimana pihak nokia juga mengklaim memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan permintaan pelanggan untuk teknologi Cloud RAND dan didukung dengan kualitas serta kemaanan jaringan kelas dunia yang hanya bisa diberikan oleh Nokia.

Kemudian ada Joe Madden dari Principal Analyst Mobile Experts juga memberikan pernyataan bahwa beberapa operator yang sekarang telah berkomitmen pada Open RAN karena O-RAN dapat meningkatkan fleksibilitas.

Sekarang ini operator-operator baru sangat mempercayai Open RAN serta vendor hardware alternatif melalui jaringan mereka dan disisi lain operator lama menggunakan O-RAN untuk menciptakan peluang-peluang bagi produk baru yang inovatif untuk menyesuaikan terhadap jaringan mereka yang kompleks.

Secara Tren penggunaan Open RAN mampu memperkuat ekosistem dan memungkinkan radio spesialisasi untuk menyesuaikan dengan aplikasi-aplikasi yang sangat beragam.

Maka dari itu sekarang Nokia adalah satu-satunya vendor besar yang berkomitmen secara penuh secara aktif mengembangkan O-RAN interface dan memastikan bahwa solusi 5G RAN akan mendukung ekosistem terbuka di masa depan yang dibutuhkan oleh para operator.