Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tindakan yang Harus Kamu Lakukan Jika Akun WhatsApp Dibajak

Tindakan yang Harus Kamu Lakukan Jika Akun WhatsApp Dibajak

Arunapasman.com - Pada masa ini aplikasi chatting WhatsApp menjadi salah sarana yang sangat utama untuk bertukar pesan di seluruh dunia.

Namun jika muncul masalah misalnya akun WhatsApp dibajak orang atau ada orang lain yang menggunakannya, apa yang harus dilakukan ?

Berikut ini arunapasman mengulas sedikit hal hal yang harus kamu lakukan jika akun WhatsApp kamu terindikasi ada yang mencoba menggunakannya.

Lakukan Cara Memulihkan Akun WhatsApp


Jika kamu merasa WhatsApp kamu ada yang menggunakannya dengan tanda tiba tiba WhatsApp mu ke log out, maka cobalah masuk lagi ke akun WhatsApp kamu dengan menggunakan nomor telepon yang sudah terdaftar.

Tidak lama seharusnya kamu mendapat kode verifikasi pada sms SMS, dan saat kamu memasukkan 6 digit kode verifikasi tersebut maka otomatis akun yang ada pada perangkat lain akan langsung logout atau otomatis keluar.

Baca juga : Cara Memiringkan Mencoret Menebalkan dan Mewarnai Huruf di WhatsApp

Jika kamu diminta untuk menyelesaikan 2-step verification code dan tidak tau apa kode nya maka kemungkinan ada orang lain yang sudah memasangnya pada akun WhatsApp kamu.

Dikutip dari WhatsApp sendiri menjelaskan tentang dua langkah verifirikasi yaitu "Anda harus menunggu 7 hari sebelum dapat masuk tanpa kode verifikasi dua langkah" intinya selama seminggu jika kamu ingin masuk lagi tetap harus menggunakan verifikasi 2 langkah.

Kemudian jika memang kamu tidak tau tentang kode verifikasi 2 langkah ini itu tidak begitu berpengaruh, yang jelas akun WhatsApp yang tadinya digunakan orang lain sudah logout atau keluar ketika kamu bisa memasukkan 6digit kode verifikasi yang dikirimkan via SMS.

Jika Akun WhatsApp Hilang Beserta Ponselnya


Kemudian jika akun whatsapp kamu hilang atau dipakai orang tak terkenal, kirimkan email ke support@whatsapp.com dengan isi permintaan penghapusan akun WhatsApp tersebut secara detail.

Apabila permintaan kamu berhasil maka akun whatsapp tersebut akan hilang 30 hari setelah tidak ada login dari perangkat lain.

Cara Mencegah Akun WhatsApp DiBajak Orang Lain


Untuk mencegah akun WhatsApp dibajak atau digunakan orang lain tanpa sepengetahuan kamu, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan seperti yang sudah arunapasman lansir dari situs WhatsApp itu sendiri.

1. Jangan membagikan kode aktivasi yang dikirimkan WA melaui SMS ke siapapun entah itu teman atau rekan kerja karena akan sangat rawan disalah gunakan.

2. Sebisa mungkin aktifkan 2-step authentification pada akun WhatsApp yang akan meminta kode PIN saat nomor kamu didaftarkan kembali pada whatsapp di perangkat lain.

3. Usahakan untuk tidak menginstall aplikasi yang meminta akses WA ataupun membagikan informasi personal tentang kamu pada orang lain yang tidak kamu kenal lewat panggilan telepon.

4. Jika ada panggilan terkait bisnis apapun yang menggunakan nada informal sebaiknya hiraukan saja dan jangan ditanggapi.

5. Penting, sebagai tambahan agar akun WhatsApp kamu tetap aman, pastikan smartphone kamu tidak di pegang orang lain kecuali orang yang benar benar bisa dipercaya seperti anggota keluarga.

Selama nomor telepon yang kamu gunakan untuk mendaftar akun WhatsApp, dan akun tersebut ada tanda tanda digunakan orang lain, jangan panik dan cobalah untuk masuk kembali dengan memasukkan 6digit kode verifikasi yang dikirimkan lewat SMS.

Selebihnya, dua langkah verifikasi sangat penting diaktifkan untuk menjaga agar akun WhatsApp kamu aman dari gangguan orang yang tidak bertanggung jawab.