Daftar Industri yang Membutuhkan Teknologi 5G di Indonesia

Daftar Industri yang Membutuhkan Teknologi 5G di Indonesia

Arunapasman.com - Merebaknya kabar 5G akan masuk ke Indonesi di beberapa tahun mendatang tentunya juga muncul pertanyaan untuk apa sebenarnya jaringan 5G ini.

Secara garis besar menurut admin arunapasman jika jaringan 5G muncul tahun ini rasanya masih kurang cocok untuk digunakan secara pribadi, namun berbeda dengan kebutuhan industri.

Pada beberapa sektor industri justru seharusnya segera mendapatkan teknologi 5G karena secara teknis kecepatan internet yang tinggi justru mampu memberikan proses kerja lebih cepat.

Kabarnya jaringan 5G akan dikomersilkan beberapa tahun mendatang, tapi sekarang pastinya sudah ada hanya saja digunakan untuk uji coba dan penelitian.

Sebagai informasi untuk kamu, berikut ini ada beberapa daftar industri yang membutuhkan Teknologi internet 5G di Indonesia.

Industri yang Sangat Membutuhkan 5G di Indonesia


1. Sistem Pengawasan Drone

Kedepannya sistem pengawasan di negara maju akan menggunakan konsep Smart Air Patrol dimana teknologi pengawasan ini memanfaatkan drone untuk mengawasi operasional pabrik secara real-time dengan pengiriman berlatensi rendah.

Karena itu jaringan 5G dengan kecepatan tinggi sangat dibutuhkan karena dengan kualitas internet yang baik maka perintah kerja drone tidak akan terputus. Teknologi drone juga bisa digunakan untuk penyiraman pupuk atau memantau saluran pipa untk industri agrikultur serta pada industri minyak dan gas.

2. Sistem Pemantauan Lalu Lintas

Industri berikutnya juga masih dalam tema keamanan yaitu Smart Surveillance yang bisa menggunakan koneksi tinggi pada sektor keamanan dan lalu lintas.

Dengan menggunakan jaringan 5G maka proses pemindaian obyek seperti plat nomor kendaraan di jalan atau pengenalan wajah dengan kualitas gambar HD bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Sistem Smart Surveillance pengawasan lalu lintas ini juga dapat diimplementasikan untuk industri logistik dan transportasi misalnya secara real-time mengawasi tiap pergerakan kendaraan selama proses pengiriman.

Selain itu teknologi 5G juga sangat berguna untuk mempermudah manajemen lalu lintas Operator Pelabuhan maupun Operator Bandar Udara secara Real-Time.

3. Penggunakan 5G Virtual Reality (VR)

Industri Virtual Reality yang secara teknis membutuhkan latency rendah serta kecepatan kirim dan terima perintah yang sangat cepat pastinya membutuhkan jaringa 5G.

Jadi antara teknologi 5G serta Virtual Reality saling membutuhkan dan memberikan keterkaitan satu sama lain, tidak menutup kemungkinan dengan teknologi 5G kita bisa merasakan teknologi virtual seperti yang ada di film film bergenre masa depan.

4. Industri Perencanaan Tata Kota

Teknologi Jaringan 5G juga bisa digunakan untuk membantu perencanaan tata kota dengan teknologi mixed reality.

Jika dijelaskan ecara singkat Teknologi mixed reality nantinya bisa untuk mengombinasikan tampilan virtual dengan tampilan nyata jadi tampilan virtual itu nanti bisa berupa hologram atau tampilan dengan bantuan kacamata pintar.

Nah dengan teknologi mixed reality dipadukan dengan jaringan 5G pastinya mampu untuk membuat suatu device yang bisa menyelaraskan antara rancangan dan kondisi lapangan dalam satu waktu secara real time.

5. Industri Jaringan Internet Kecepatan Tinggi

Salah satu contoh Industri Jaringan Internet Kecepatan Tinggi yang membutuhkan koneksi 5G salah satunya untuk mengunduh dan mengunggah video dengan kecepatan tinggi serta memaksimalkan panggilan video.

Kemudian contoh lainnya bisa digunakan untuk sektor industri kreatif seperti multimedia yang bisa menyajikan konten berupa video hingga resolusi 4K tanpa terganggu.

6. Industri Cloud Gaming

Cloud Gaming yang berarti sebuah program game dimana para pemain tidak perlu menginstal game secara besar tetapi hanya membutuhkan peluncurnya saja.

Jadi dimasa mendatang ukuran game game akan rata rata kecil karena semua data diambil dari server yang jauh dengan koneksi super cepat, dengan begitu perkembangan dunia game akan berubah total yang sekarang ada di sisi user, kedepannya beralih ke sisi server.

7. Perkembangan ke Industri 4.0

Perkembangan ke Industri 4.0 akan mengutamakan sistem produksi robotik dengan pengawasan serta pengoprasian jarak jauh. Dengan adanya koneksi jaringan 5G yang super cepat akan memberikan sarana beralihnya sistem produksi ke next level.

Penutup

Itulah beberapa Industri yang Membutuhkan Teknologi 5G di Indonesia, namun tidak dapat dipungkiri jika nanti jaringan teknologi 5G sudah masuk ke Indonesia maka hampir semua proses yang berlandaskan jaringan internet akan berubah secara drastis.