Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Smartphone RAM Besar Tahun Ini

Rekomendasi Smartphone RAM Besar Tahun Ini

Arunapasman.com - Tidak dapat dipungkiri mulai dari awal tahun sampe ke tengah tahun 2020 perminatan Ponsel Smartphone dengan RAM besar naik drastis, hal ini mungkin disebabkan karena spesifikasi Aplikasi yang menuntut lebih banyak penggunaan RAM.

Pada masa sekarang atau tepatnya sekitar tengah tahu, beberapa pabrikan smartphone saling berlomba memberikan fitur terbaik dalam produk andalannya. Salah satu sasaran pertama untuk menjadi ketertarikan pasar asalah kamera beresolusi tinggi hingga memori besar.

Dari informasi dan data yang dapatkan dari pasar ternyata market ponsel smartphone di Indonesia lebih meminati ponsel dengan memori RAM dan Internal besar ketimbang resolusi kamera, mungkin ini karena pasar gaming lebih laku.

Diketahui dari situs telunjuk.com di bulan April saja minat dan ketertarikan membeli smartphone dengan RAM 6GB tercatat ada peningkatan penjualan yang signifikan 39,44 persen, yang artinya konsumen lebih memilih RAM besar daripada Kamera bagus ram rendah.

Disisi lain ternyata penjualan ponsel dengan kapasitas RAM yang lebih rendah di 4GB justru mengalami penurunan sebanyak 4,43 persen walaupun dari standar harga tentunya RAM 4GB lebih murah. Kondisi demikian bisa disimpulkan bahwa RAM memiliki pasar yang lebih luas daripada Kamera.

Dalam dunia Smartphone komponen RAM atau Random Access Memory berfungsi sebagai penyimpanan data aplikasi yang sedang dijalankan jadi semakin banyak aplikasi yang dijalankan ponsel akan membutuhkan RAM yang besar.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi pilihan Smartphone RAM Besar di tahun 2020 jika kamu sendang mencari smartphone dengan kebutuhan RAM mulai dari 6GB.

Rekomendasi Smartphone RAM Besar Tahun Ini


1. Smartphone Vivo S1

1. Smartphone Vivo S1
pict : Smartphone Vivo S1 doc by vivo.com

Pilihan pertama ada tipe Vivo S1 yang resmi meluncur ke Indonesia pada 16 Juli 2019 lalu. Pabrikan VIVO memasangkan memori RAM sebesar 4GB dan internal 12GB serta bisa ditambah dengan microSD 256GB serta dipadu dengan cipset Mediatek MT6768.

Untuk bagian operating sistem Vivo S1 juga telah menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dibalut FunTouch 9.VIvo S1 sendiri dipasaran Indonesia dihargai sekitar Rp3,6 juta saja, meskipun RAM tersemat masih 4GB jumlah internalnya sangat mendukung untuk penggunaan banyak aplikasi.

2. Smartphone Oppo Reno 10x Zoom

2. Smartphone Oppo Reno 10x Zoom

Info Ponsel Gadget Pilihan :
Tidak mau kalah dengan rivalnya, brand Oppo juga menghadirkan Oppi Reno 10x Zoom yang disematkan memori besar yaitu RAM 8GB dan varian internal ROM 128GB juga 256GB. Ternyata Oppo Reno 10x Zoom termasuk jajaran perangkat flagship dari perusahaan Oppo.

Memori Oppo Reno 10x Zoom yang sangat besar untuk saat ini dan dipadukan dengan prosesor terbaru Qualcomm yaiut Snapdragon 855 mampu memberikan peningkatan kinerja hingga 45 persen.

Dan yang tidak kalah menarik Oppo Reno 10x Zoom dilengkapi juga dengan kartu grafis Adreno 640 yang memberikan rendering grafis hingga 20 persen lebih cepat. Harga Oppo Reno 10x Zoom di pasar Indonesia dibandrol mulai Rp6,2 juta.

3. Smartphone Realme X2 Pro

3. Smartphone Realme X2 Pro

Masuknya Realme X2 Pro di Indonesia memiliki warna tersendiri karena dibekali memori RAM 12GB dan ROM 256GB lalu dipadukan dengan prosesor kelas flagship Snapdragon 855 yang notabene merupakan salah satu prosesor tercepat dari Qualcomm.

Khusus pasar nasional Realme hanya menyediakan satu varian memori RAM dan internal tapi di pasaran luar negeri Realme X2 Pro memiliki tiga varian memori yaitu RAM 6GB Internal 64GB, RAM 8GB Internal 128GB, dan RAM 12GB Internal 256GB.

Dari setup antarmuka Realme X2 Pro menjalankan ColorOS 6.1 dengan sistem operasi berbasis Android 9.0. Realme X2 Pro dibandrol pada jajaran pasar di harga Rp7,8 juta, sangat worth it untuk spesifikasi RAM 12GB.

4. Smartphone Xiaomi Mi Note 10

4. Smartphone Xiaomi Mi Note 10

Xiaomi Mi Note 10 yang berasal dari vendor Cina memiliki memori RAM sebesar 6GB serta kapasitas memori internalnya 128GB dan dipadukan dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 730G.

Sistem operasi Xiaomi Mi Note 10 sudah mengusung Android 9.0 Pie dan juga menggunakan OS antar muka MIUI 11. Pada pasaran Indonesia Xiaomi Mi Note 10 berkapasitas memori 6GB RAM dan internal 128GB ROM dibandrol dengan harga Rp6,2 juta.

5. Smartphone Samsung Galaxy A70

5. Smartphone Samsung Galaxy A70

Samsung yang paling diminati pasar pun tidak mau kalah untuk membuat ponsel dengan kapasitas memori besar. Ponsel smartphone tipe Samsung Galaxy A70 memiliki RAM 6GB dan Internal ROM 128GB kalau masih kurang kamu bisa menambahkan microSD hingga 512GB.

Memori dari Samsung Galaxy A70 yang besar serta dipadukan dengan inti pemrosesan data octa-core Snapdragon 675 dari Qualcomm serta penyematan GPU versi terbaru yaitu Adreno 612 membuat ponsel ini bukan hanya iklan semata. Dengan spesifikasi tersebut Samsung Galaxy A70 hanya dibandrol dengan harga Rp5,1 juta saja.

Penutup Rekomendasi Smartphone RAM Besar


Mungkin itulah beberapa Rekomendasi Smartphone RAM Besar dari admin arunapasman yang bisa dicantumkan, jika nanti ada perubahan atau penambahan tipe baru maka akan disertakan pada update berikutnya.

Jika kamu ingin membeli smartphone dengan kapasitas RAM yang besar, bisa memilih satu dari rekomendasi diatas, namun tentunya jika ada spesifikasi kepentingan yang lain misalnya seperti kamera yang tinggi maka standar budgetpun bisa jadi lebih tinggi.