Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Teknologi Tangan Bionic untuk Penyandang Disabilitas

Perkembangan Teknologi Tangan Bionic untuk Penyandang Disabilitas

Arunapasman.com - Sebuah Perusahaan Open Bionics di Inggris mengembangkan teknologi tangan bionik untuk membantu menunjang aktivitas para disabilitas yang tidak memiliki tangan terutama pada bagian pergelangan dan jari-jari.

Sekilas Tentang Perkembangan Teknologi Tangan Bionic


Cara kerja tangan bionik seperti tangan manusia pada biasanya yang akan digerakkan melalui otot otot tangan, jadi sensor menangkap gerakan dari otot tangan kemudian mengubahnya menjadi gerakan lengan dan tangan robot.

Salah satu keunikannya, desain dan bentuk tangan bionik ini bukan seperti robot klasik melainkan seperti tangan tangan robot yang dibuild in pada lengan manusia seperti layaknya film film fiksi.

Warnanya yang keren dan modelnya yang trendi justru bisa menambah rasa pede dari orang yang menyandang disabilitas.

Para ilmuwan di Ingris melakukan berbagai dan berkali kali tahap penelitian dengan tujuan membantu mereka yang tidak memiliki anggota tubuh lengkap atau disabilitas, untuk saat ini terutama terfokus pada lengan.

Kenapa Ada Teknologi Tangan Bionic ?


Landasan dasar para ilmuwan mengembangkan teknologi tangan bionik untuk para penyandang disabilitas tidak lain karena bantuan anggota tubuh tambahan yang ada saat ini masih belum mampu bergerak dengan sempurna seperti anggota tubuh.

Dengan kemampuan kecerdasan buatan tinggi dan sensir otot yang kuat, pergerakan lengan bionik lebih halus dan mendekati pergerakan tangan yang normal.

Karena dirasa cukup banyak keluhan dari mereka seputar hal tersebut, sebuah perusahaan berbasis di Inggris Open Bionics mengembangkan teknologi robot tangan yang mampu bergerak hampir sehalus pergerakan tangan manusia biasa.

Robot tangan yang dikembangkan Open Bionic Inggris disebut sebagai Hero Arm atau tangan pahlawan, secara harfiah tangan robot ini dimaksudkan agar bisa menolong melengkapi kebutuhan tangan dari penyandang disabilitas.

Admin arunapasman Mengutip dari sumber laman Open Bionics, Hero Arm adalah teknologi tangan bionik cetakan 3D yang bisa dikendalikan oleh otot serta mempunyai sertifikat medis pertama kali di dunia.

Tidak dipungkiri Hero Arm ini mempunyai fungsionalitas multigrip dan bentuk serta estetika yang menurut penyandang disabilitas sangat sesuai dengan keinginan mereka, tentunya jauh berbeda dengan tangan buatan yang masih berdesain kasar serta kaku.

Teknologi Hero Arm Direkayasa dikembangkan dan di produksi di Bristol, Inggris. Tangan bionik Hero Arm termasuk prostesis mioelektrik yang ringan. Untuk saat ini Hero Arm sudah ada dan menurut beberapa sumber sudah tersedia di Amerika Serikat (AS), Inggris serta Prancis.

Penutup Perkembangan Teknologi Tangan Bionic dari Open Bionics

Teknologi tangan bionik Hero Arm besutan perusahaan Open Bionics ini secara ukuran bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak dima mereka sudah tidak memiliki tangan dibawah siku.

Jadi bagian tangan dari pundak sampai siku sekiranya masih ada dan tangan bionik ini mengganti fungsi pergelangan tangan sampai jari jari.

Hal yang paling keren menurut arunapasman adalah setiap tangan bionik Hero Arm dibuat secara khusus dengan menggunakan teknologi percetakan dan pemindaian desain 3D.

Sehingga tangan bionik Hero Arm ini menjadi sebuah prostesis kuat dan nyaman, proses pembuatannya juga bisa disesuikan dengan koondisi tangan penggunanya.