Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cabut Aki Selama Motor Tidak Terpakai, Perlukah ?

Cabut Aki Selama Motor Tidak Terpakai, Perlukah ?

Arunapasman.com - Pasti akan ada saat dimana motor atau mobil dalam keadaan terpakir dalam waktu lama, misalnya ketika masa work from home. Lantas perlukah mencabut aki kendaraan ketika dalam posisi lama tidak terpakai ?

Sebenarnya ada banyak sekali perawatan kendaraan yang harus dilakukan ketika dalam keadaan tidak terpakai. Terutama kendaraan bermotor atau sepeda motor yang katanya harus bensin dalam posisi penuh, ban jangan menyentuh tanah atau harus menggantung dan banyak lainnya.

Khusus mencopot aki ini paling banyak menjadi perdebatan diantara para pengguna motor untuk sarana transportasi kesehariannya. Tapi apakah hal ini benar benar perlu untuk dilakukan ?

Perlukah Mencabut Aki ketika Motor dalam Posisi tidak Terpakai ?


Ternyata menurut penuturan Technical Training Analyst PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno, tindakan tersebut dilakukan atau tidak bukanlah masalah besar. Jadi aki motor mau dicopot atau tidak, tidak akan membuat aki jauh lebih awet.

Penjelasan hal ini tidak lain karena aki yang berada pada posisi terpasang atau tidak akan sama sama mengalami self discharge. Artinya aki akan mengalami penurunan daya karena tidak mendapatkan masukan daya listrik dari putaran mesin atau spul.

Jadi ternyata ketika motor tidak digunakan dalam waktu beberapa lama, akan terjadi rembesan arus keluar atau sering disebut kebocoran arus dengan daya amper yang sangat kecil. Singkatnya, mau aki terpasang atau tidak, daya pada aki akan tetap menurun dari waktu ke waktu.

Kapan Harus Mencabut Aki Motor ?


Jika motor tidak digunakan beberapa hari, selayaknya tidak perlu melakukan mencabut aki motor. Tapi jika motor memang direncanakan tidak akan dipakai dalam waktu yang lama misalnya beberapa minggu maka aki harus dicabut.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Motor Lama Tidak Dipakai ?


Sudah Arunapasman jelaskan diatas bahwa dicabut atau tidak aki tetap akan mengalami penurunan daya dari waktu ke waktu karena tidak mendapat pengisian daya dari putaran mesin. Hal seperti inilah yang membuat aki lebih cepat rusak.

Karena itu untuk menjaga aki agar tetap dalam keadaan normal walaupun kendaraan lama tidak dipakai, ada baiknya jika mesin dipanasi 2 atau 3 hari sekali agar aki mendapatkan pengisian daya secara periodik.

Panasi mesin motor secara berkala kira kira 10 menit saja sudah cukup untuk memberikan cas daya untuk aki. Dengan begitu daya pada aki motor akan terjaga dan aki tidak mudah ngedrop.